Sukses

Eks Gubernur Negara Bagian Meksiko Ditangkap di Guatemala

Duarte dihadapkan pada sejumlah dakwaan, di antaranya korupsi, kejahatan terorganisir, dan penggelapan.

Liputan6.com, Guatemala City - Javier Duarte, mantan gubernur Veracruz, negara bagian Meksiko, ditangkap atas dugaan melakukan korupsi, kejahatan terorganisir, dan penggelapan. Ia diringkus di Guatemala pada Sabtu waktu setempat setelah buron selama enam bulan.

Menurut jaksa agung Meksiko, penangkapan Duarte dilakukan dalam sebuah operasi gabungan antara Interpol dan kepolisian Guatemala. Yang bersangkutan akan segera diekstradisi ke negara asalnya.

Seperti dilansir BBC, Minggu, (16/4/2017), polisi Guatemala menangkap Duarte di sebuah lobi hotel di kota Solola. Ia diduga telah menggelapkan dana publik sekitar US$ 35 juta.

Dipicu dakwaan korupsi, Duarte sebelumnya telah menyatakan mundur dari jabatannya. Namun pada Oktober 2016, ia dikabarkan menghilang.

Ketika pihak berwenang menggeledah sebuah gudang yang diyakini milik Duarte, mereka menemukan sejumlah aset berharga, termasuk lukisan.

Sekitar 17 lukisan milik seniman terkenal seperti Joan Miro, Fernando Botero, dan Leonora Carrington juga ditemukan di peternakan mewahnya.

Di bawah kepemimpinan Duarte, Veracruz tercatat sebagai wilayah berbahaya bagi wartawan. Setidaknya 17 jurnalis tewas terbunuh selama masa jabatannya.

Duarte telah diskors dari PRI, parpol tempatnya bernaung selama ini sebelum ia dikabarkan hilang. PRI juga merupakan kendaraan politik Enrique Pena Nieto, presiden Meksiko yang tengah berkuasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.