Sukses

7 Warga Tewas Tertimbun Bangunan Tua Ambruk di Mumbai

Ambulans, pemadam kebakaran, dan anggota pasukan bantuan bencana kini tengah mencari korban tertimbun bangunan runtuh di Mumbai, India.

Liputan6.com, Mumbai - Tim penyelamat kini tengah mencari setidaknya 30 orang yang dikhawatirkan terjebak dalam bangunan runtuh di Mumbai, India.

Laporan lokal mengatakan hunian berlantai lima di Mumbai, India ambruk pada Kamis pagi waktu setempat. Gedung tersebut dilaporkan runtuh sekitar pukul 08.40.

Mengutip BBC, Kamis (31/8/2017), bangunan di daerah Bhendi Bazaar yang padat penduduk itu diyakini berumur lebih dari 100 tahun.

Ambulans, pemadam kebakaran, dan anggota pasukan bantuan bencana saat ini tengah bekerja di lokasi bangunan runtuh.

"40 orang diyakini terjebak di dalam dan 43 anggota tim tengah melakukan operasi penyelamatan," kata seorang pejabat untuk National Responsible Force Force (NDRF) India.

Kecelakaan bangunan runtuh tak jarang terjadi di India, terutama saat musim hujan. Standar konstruksi dan struktur bangunan yang buruk disebut-sebut menjadi penyebab musibah tersebut.

Insiden terbaru ini terjadi setelah Mumbai diguyur hujan deras dan banjir.

Setiap tahun, puluhan orang tewas akibat bangunan runtuh di India. Sebelumnya, pada Juli lalu, 17 orang terbunuh saat sebuah bangunan berlantai empat runtuh di pinggiran Mumbai Ghatkopar.

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangunan Berbahaya?

Sejauh ini, delapan orang sudah diselamatkan dan telah dikirim ke Rumah Sakit JJ untuk perawatan. Satu orang yang dievakuasi dari puing-puing tewas di fasilitas kesehatan, demikian disampaikan pemadam kebakaran setempat kepada Press Trust of India.

"Unit manajemen bencana kami menerima telepon pukul 08.40 tentang bangunan runtuh. Kami segera mengirimkan petugas pemadam kebakaran ke lokasi untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak. Kami khawatir beberapa orang terjebak di bawah puing-puing," kata pejabat senior Municipal Corporation of Greater Mumbai (MCGM).

Operasi pencarian dan penyelamatan kini tengah dilakukan dengan bantuan penduduk setempat.

Sejauh ini tak diketahui bahwa bangunan runtuh itu berada di daftar struktur berbahaya menurut Municipal Corporation of Greater Mumbai (MCGM), India.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.