Sukses

Situs Zaman Besi Ditemukan di Inggris

Situs purbakala Zaman Besi telah ditemukan arkeolog yang bekerja untuk perusahaan South West Water di Devon, Inggris

Liputan6.com, London: Situs purbakala Zaman Besi telah ditemukan arkeolog yang bekerja untuk perusahaan South West Water di Devon, Inggris. Situs yang berupa permukiman itu ditemukan selama evaluasi arkeolog atas rute baru saluran air antara waduk Beacon Hill dekat Exeter dan Kota Cranbrook. Arkeolog saat itu sedang menyelidiki pagar di bawah tanah yang ditemukan berkat survei udara pada 1996.

Di antara temuan mereka adalah serpihan gelang dan tungku besi yang masih berfungsi. Penggalian situs itu menunjukkan bahwa daerah yang memiliki batas sekelilingnya itu semula memiliki jalur besar. Menurut catatan, Zaman Besi di Eropa berlangsung antara 1.200 SM sampai 400 Masehi.

James Field, arkeolog dari perusahaan South West Waters mengatakan tempat itu merupakan permukiman purbakala yang penting. "Seseorang menghadapi banyak masalah untuk membuat jalur ini selama beberapa hari menggunakan alat-alat penggali," katanya. "Di dalamnya terdapat tungku besi era Zaman Besi yang langka ditemukan di Inggris," tuturnya.

Sedangkan arkeolog dari pemerintah daerah Devon Frances Griffith mengatakan, "Penting sekali untuk melihat situs ini digali lagi. Serpihan gelang merupakan temuan penting yang belum pernah terjadi di Devon," lanjutnya seperti dikutip BBC Indonesia.

Galian itu akan ditutup kembali setelah selesai evaluasi dan semua temuan akan dianalisa dan disimpan. Konstruksi di jalur pipa itu dijadwalkan selesai akhir tahun ini. Pipa utama air itu nantinya akan mengalirkan air ke kota baru Cranbrook.(ADO)
    Video Terkini