Sukses

Yoshihiko Noda Resmi Jadi PM Jepang

Yoshihiko Noda resmi menjadi Perdana Menteri Jepang keenam. Ia menyerukan persatuan partai untuk mengatasi berbagai problema uang kini tengah melanda Jepang.

Liputan6.com, Tokyo: Majelis Rendah Parlemen Jepang menerima Yoshihiko Noda sebagai perdana menteri Jepang yang baru, Selasa (30/8). Noda resmi menjadi perdana menteri keenam dalam lima tahun terakhir setelah memenangkan 308 suara dari total 476 suara.

Kemarin, Noda telah dinobatkan sebagai calon perdana menteri dari partai berkuasa Democratic Party of Japan (DJP). Dia mengantikan Naoto Kan yang telah mengumumkan pengunduran diri Jumat pekan lalu. Salah satu tantangan terbesar yang akan dihadapinya adalah membangun kembali kawasan Jepang yang hancur akibat hantaman gempa dan tsunami yang terjadi pada 11 Maret lalu. Belum lagi krisis nuklir yang kini masing menghantui stabilitas ekonomi Jepang.

Untuk itulah dalam pidato pertamanya sebagai seorang pemimpin partai, Noda menyerukan persatuan partai untuk mengatasi berbagai problema uang kini tengah melanda Jepang. "Menjalankan pemerintahan Jepang adalah seperti mendorong bola salju raksasa ke atas bukit yang licin. Pada saat seperti ini kita harus bekerja sama untuk mencapai bukit tersebut," demikian dikatakan Noda dalam pidatonya.

Noda memulai debut kariernya di Majelis Rendah Parlemen Jepang, Diet, setelah terpilih sebagai anggota yang mewakili distrik Chiba pada 1993. Ia kemudian bergabung dengan DPJ dan menjabat sebagai Kepala Urusan Umum Diet. Pada bulan Juni 2010, Noda diangkat sebagai Menteri Keuangan oleh Perdana Menteri Naoto Kan, yang juga Menteri Keuangan sebelumnya. Noda dikenal sebagai reformis dan telah memimpin kelompok DPJ intraparty yang mengkritik kinerja mantan Sekretaris Jenderal DPJ Ichiro Ozawa.(CNN/ULF)
    Video Terkini