Sukses

Trik Tidur Ala Tentara Inggris yang Diklaim Bisa Bikin Terlelap dalam 120 Detik

Sebuah teknik tidur yang diklaim digunakan oleh militer Inggris ini mungkin bisa diterapkan bagi Anda yang kerap sulit terlelap.

Liputan6.com, London - Sulit untuk terlelap di malam hari?

Sebuah teknik tidur yang diklaim digunakan oleh militer Inggris ini mungkin dapat membantu Anda terlelap hanya dalam waktu kurang dari dua menit.

Teknik itu dikatakan memiliki tingkat keberhasilan 96 persen, demikian seperti dikutip dari surat kabar Inggris Metro, Selasa (4/9/2018).

Jadi bagaimana cara kerja teknik tidur cepat ala tentara Inggris?

Pertama-tama, coba untuk relaksasi otot-otot di wajah, termasuk lidah, rahang dan otot-otot di sekitar mata.

Lemaskan bahu selemas mungkin, kemudian lakukan hal yang sama pada lengan atas dan bawah Anda di satu sisi, dan kemudian yang lain. Hembuskan napas, rilekskan dada Anda dan kemudian, akhirnya, kendurkan kaki Anda, dimulai dengan paha Anda dan bergerak ke kaki bawah Anda.

Setelah tubuh Anda relaks selama sepuluh detik, Anda harus berusaha untuk menjernihkan pikiran dari semua pemikiran.

Ada tiga metode yang dapat membantu hal ini, menurut buku bertajuk Relax and Win: Championship Performance. Berikut ulasannya:

1. Bayangkan diri Anda berbaring di sebuah kano di danau yang tenang dengan hamparan langit biru di atas Anda

2. Bayangkan diri Anda meringkuk di tempat tidur gantung berbahan beludru berwarna hitam di ruang hitam pekat

3. Ulangi kata-kata 'jangan berpikir, jangan berpikir, jangan berpikir 'dalam pikiran selama sepuluh detik

Metode tersebut pertama kali ditulis pada 1981, dan beberapa variannya masih digunakan sampai hari ini untuk mengatasi sulit tidur, yang dikaitkan dengan sindrom PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) pada tentara.

Sementara itu, sebuah survei pada 2011 menemukan bahwa sepertiga orang di Inggris mengalami kurang tidur. Padahal, menurut Badan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah antara tujuh dan sembilan jam semalam.

Kurang tidur kronis telah dikaitkan dengan masalah kesehatan termasuk diabetes, penyakit jantung dan stroke.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efektifkah?

Sejak buku itu terbit, tentara Amerika Serikat telah menerbitkan sangkalan tentang metode tersebut, dengan mengatakan, "Trik utama agar bisa tidur nyenyak adalah melakukan apa yang sejauh ini berhasil untuk Anda. Tidak ada formula ajaib selain mendengarkan tubuh Anda sendiri."

Tidur sangat penting untuk mempertahankan energi, menyeimbangkan emosi, kinerja dan kebugaran, serta kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kebanyakan orang berjuang dengan masalah sulit tidur, kurangnya durasi tidur, tidak tidur dengan tenang, atau kombinasi keduanya.

Sebuah penelitian terbaru oleh Uppsala University di Swedia mengungkapkan bahwa pola tidur yang terganggu mengubah metabolisme dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyimpan lemak, membuat hubungan yang kuat antara obesitas dan kerja lembur.

Riset European Study of Cardiology juga menemukan bahwa tidur kurang dari lima jam semalam bisa sama buruk efeknya dengan merokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.