Sukses

Obama Tandai Berakhirnya Perang Irak

Presiden AS Barack Obama telah mengakhiri Perang Irak yang berlangsung hampir sembilan tahun. Obama juga menyambut kepulangan serdadu AS di markas militer AS Fort Bragg di North Carolina, Rabu (14/12).

Liputan6.com, Washington: Presiden AS Barack Obama telah menyatakan akhir dari Perang Irak yang telah berlangsung hampir sembilan tahun. Obama juga menyambut kepulangan tentara AS di markas militer AS Fort Bragg di North Carolina, Rabu (14/12), menjelang rencana penarikan semua pasukan AS dari Irak akhir bulan Desember.

Obama mengatakan, salah satu bab yang paling luar biasa dalam sejarah militer Amerika akan berakhir, dan perang Amerika di Irak juga akan berakhir. Ia mengatakan, pasukan AS akan meninggalkan Irak secara berdaulat, stabil dan mandiri, dengan perwakilan pemerintah yang dipilih oleh rakyatnya sendiri.

Namun, Obama mengakui bahwa Amerika Serikat sudah terbagi-bagi selama perang dan hal itu mengakibatkan banyak kesulitan. Sekitar 1,5 juta tentara AS telah dikirim secara rotasi ke Irak dan sebanyak 4.500 di antaranya tewas. (NHK/Vin)
    Video Terkini