Sukses

Pijakan Kaki, Ritual Sang Sumo

Hakuho, pesumo dengan tinggi 1,9 meter dan berat 150 kilogram merupakan yokozuna ke 69. Dia mendapatkan gelar tersebut sejak 2007.

Liputan6.com, Tokyo: Ratusan orang dari penjuru Kota Tokyo memadati sekeliling kuil keramat Meiji, Jumat (6/1). Mereka ingin menyaksikan ritual awal tahun bernama 'pijakan kaki' yang dilakukan pesumo nomor satu di Jepang atau biasa disebut yokozuna.

Begitu yokozuna keluar, tepuk tangan penonton langsung riuh terdengar. Hakuho, sang yokozuna asal Nepal yang didampingi oleh dua pesumo lain, Aminishiki dan Kyukutenho, mulai melakukan sejumlah gerakan ritual sebagai bentuk pemujaan terhadap Dewa Sinto.

Selain melakukan pemujaan terhadap Dewa Sinto, Hakuho juga memohon agar ia dapat mempertahankan gelar pesumo nomor satu di Jepang. Hakuho, pesumo dengan tinggi 1,9 meter dan berat 150 kilogram merupakan yokozuna ke 69. Dia mendapatkan gelar tersebut sejak 2007.(Reuters/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.