Sukses

Penggunaan <em>Headset</em> di Jepang Melanggar Hukum

Penggunaan "headset" saat bersepeda ternyata merupakan pelanggaran hukum di Jepang.

Liputan6.com, Tokyo: Penggunaan headset saat bersepeda ternyata merupakan pelanggaran hukum di Jepang. Media Rocketnews mewartakan, Jumat (17/2), selama beberapa hari ini sedikitnya 1571 orang ditilang karena menggunakan headset.

Pengendara sepeda yang memakai headphone atau headset dinilai mereka tak dapat mendengar suara-suara lalu lintas di sekitar mereka. Akibatnya, membahayakan bagi sendiri dan orang lain.

Seorang polisi mengatakan, "rasa pendengaran adalah salah satu cara yang dapat menjamin keselamatan pengendara dan menghindari kecelakaan. Kami berusaha untuk memastikan bahwa masyarakat menyadari adanya aturan yang tepat dan sopan santun."

Petugas sangat memperhatikan hal-hal sekecil apapun. Contohnya 12 orang pengendara sepeda juga kena tilang karena tak memiliki rem. Sementara sembilan orang lainnya mendapat surat tilang karena menerobos palang kereta api saat bersepeda dan enam lainnya menerobos lampu merah.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.