Sukses

Eskalasi Militer di Yaman Tuai Peringatan dari Utusan Khusus PBB

Meningkatnya eskalasi militer di Yaman membuat utusan khusus PBB memberikan peringatan.

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara Utusan Khusus Amerika Untuk Yaman Stephane Dujarric, pada Selasa 28 Januari 2020, menyerukan dihentikannya "eskalasi militer yang mengkhawatirkan" dalam pertempuran antara koalisi militer pimpinan Arab Saudi dan pemberontak Houthi-Syiah.

Dujarric mengatakan Utusan Khusus Amerika Untuk Yaman, Martin Griffiths mengingatkan Dewan Keamanan PBB dalam sebuah pertemuan tertutup bahwa eskalasi drastis baru-baru ini telah membahayakan kemajuan yang dicapai oleh pihak-pihak yang bertikai dalam mengurangi konflik dan membangun rasa saling percaya. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (29/1/2020). 

Dalam video briefing, Griffiths "menegaskan kembali pentingnya menghentikan eskalasi militer yang sedang berlangsung, sebelum terlambat."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keprihatinan Serius

Para diplomat mengatakan anggota-anggota Dewan Keamanan PBB itu menyampaikan keprihatinan serius atas meningkatnya pertempuran dan sedang menyusun sebuah pernyataan.

Kurang dari dua minggu lalu, Griffiths melaporkan kepada Dewan Keamanan PBB tentang pengurangan jumlah operasi militer besar-besaran dan inisiatif lainnya.

Ia menyampaikan harapan bahwa hal ini akan memicu dialog di antara pemerintah dan Houthi-Syiah yang didukung Iran guna mengakhiri konflik di negara paling miskin di Arab itu, yang sudah berlangsung selama lima tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.