Sukses

Tak Perlu Bingung dan Panik, Ini Jawaban Seputar Virus Corona yang Perlu Diketahui

Temukan jawaban dari 10 jawaban yang paling banyak ditanyakan seputar Virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 110 negara telah mengalami pandemi Virus Corona COVID-19.

Status pandemi dinyatakan WHO setelah kasusnya terus meningkat hampir di seluruh dunia.

Berbagai pertanyaan mungkin terus membayangi pikiran Anda. Berbagai ketakutan dan kepanikan pun ikut muncul. 

Melansir dari BBC, Jumat (13/3/2020), temukan jawaban dari pertanyaan yang paling sering membingungkan seputar Virus Corona COVID-19:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Berapa Lama Masa Inkubasi untuk Virus Corona COVID-19?

Dibutuhkan rata-rata lima hari untuk mulai menunjukkan gejalanya, kata para ilmuwan, tetapi beberapa orang akan mengalami gejalanya lebih lama dari ini.

Masa inkubasi berlangsung hingga 14 hari, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Tetapi beberapa peneliti mengatakan mungkin hingga 24 hari.

Mengetahui dan memahami masa inkubasi sangat penting. Ini memungkinkan dokter dan otoritas kesehatan untuk memperkenalkan cara-cara yang lebih efektif untuk mengendalikan penyebaran virus.

3 dari 11 halaman

2. Jika Seseorang Sembuh dari Virus Corona, Apakah Ia Kemudian Menjadi Kebal?

Terlalu dini untuk dapat menentukan jawabannya. Virus ini baru ada sejak akhir Desember, tetapi dari pengalaman dengan virus dan Virus Corona lain, Anda harus memiliki antibodi terhadap virus yang akan melindungi Anda.

Belajar dari penyakit SARS, infeksi ulang cenderung tidak ada. Namun sekarang, ada beberapa laporan dari Tiongkok tentang orang-orang yang pulang dari rumah sakit namun kemudian dinyatakan positif kembali. 

Namun satu yang pasti, kuncinya adalah orang-orang itu tidak lagi menularkan penyakit. 

4 dari 11 halaman

3. Apa Perbedaan antara Virus Corona dan Flu?

Virus Corona dan flu memiliki banyak gejala yang serupa, sehingga sulit untuk didiagnosis tanpa tes secara resmi.

Gejala utama Virus Corona yang harus diwaspadai adalah demam dan batuk. Flu sering memiliki gejala lain juga, seperti sakit tenggorokan, sementara orang dengan Virus Corona COVID-19 mungkin merasa sesak napas.

Jika Anda ingin memastikan kondisi secara lebih lanjut, Anda dapat menghubungi nomor hotline yang telah ditetapkan atau mengunjungi rumah sakit rujukan. 

5 dari 11 halaman

4. Apa yang Harus Dilakukan Selama Isolasi Diri (Self Quarantine)?

Mengisolasi diri sendiri berarti tinggal di rumah selama 14 hari, tidak pergi bekerja, sekolah atau tempat-tempat umum lainnya, dan menghindari transportasi umum atau taksi. Anda juga harus tetap terpisah dari orang lain di rumah Anda.

Mintalah bantuan jika Anda membutuhkan bahan makanan, belanja lain atau obat-obatan.

Anda bahkan harus mencoba menjauhi binatang peliharaan Anda, jika itu tidak mungkin, cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menyentuhnya.

 

6 dari 11 halaman

5. Seberapa Berbahaya Virus Corona bagi Penderita Asma?

Infeksi pernapasan, seperti Virus Corona, dapat memicu gejala asma.

Seorang organiasasi peduli asma asal Inggris menyarankan untuk mengikuti serangkaian langkah-langkah untuk mengatasi asma mereka.

Hal ini termasuk mengambil inhaler setiap hari seperti yang ditentukan. Ini akan membantu mengurangi risiko serangan asma yang dipicu oleh virus pernapasan, termasuk Virus Corona.

7 dari 11 halaman

6. Bisakah Menular Lewat Gagang Pintu? Berapa Lama Bisa Bertahan?

Jika seseorang yang terinfeksi virus batuk dan menggunakan tangan mereka dan kemudian menyentuh sesuatu, permukaan itu mungkin terkontaminasi.

Gagang pintu adalah contoh permukaan yang paling banyak menimbulkan risiko.

Para ahli berpikir bahwa Virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan, mungkin selama berhari-hari. Jadi yang terbaik adalah mencuci tangan secara teratur untuk membantu mengurangi risiko infeksi dan penyebaran virus.

8 dari 11 halaman

7. Amankah Berenang di Kolam Renang Umum?

Air di sebagian besar kolam renang mengandung klorin, zat kimia yang dapat membunuh virus. Jadi sebenarnya aman menggunakan kolam renang, asalkan diklorinasi dengan benar.

Namun, Anda masih bisa mendapat virus dari orang yang terinfeksi di ruang ganti jika mencemari permukaan, seperti gagang pintu.

Dan seseorang dengan virus juga bisa menyebarkannya ke orang lain melalui batuk dan bersin jika mereka melakukan kontak dekat.

 

9 dari 11 halaman

8. Haruskah Memakai Masker?

Meskipun dokter dan ahli bedah sering memakai masker, ada sedikit bukti bahwa memakai masker wajah oleh masyarakat memiliki dampak signifikan.

Unit Kesehatan Masyarakat Inggris mengatakan pihaknya tidak "merekomendasikan penggunaan masker wajah sebagai sarana perlindungan dari virus corona". Dikatakan ada sedikit bukti manfaat luas dari penggunaannya di luar pengaturan klinis.

WHO pun telah menyatakan hal serupa. 

Para ahli mengatakan kebersihan yang baik, seperti mencuci tangan secara teratur dan tentu saja sebelum menyentuh wajah Anda akan jauh lebih efektif.

10 dari 11 halaman

9. Seberapa Berbahaya Virus Corona Bagi Anak-Anak?

Secara umum, anak-anak tampaknya relatif tidak terpengaruh oleh Virus Corona, menurut data dari China.

Ini mungkin karena mereka dapat menghilangkan infeksi atau tidak memiliki gejala, atau mengalami gejala yang sangat ringan mirip dengan pilek.

Namun, anak-anak dengan masalah paru-paru yang mendasarinya, seperti asma, mungkin harus lebih berhati-hati, karena virus dapat memicu serangan.

Namun, bagi sebagian besar anak-anak, tidak ada alasan untuk khawatir.

Sekolah-sekolah di 14 negara telah ditutup, sementara 13 lainnya telah menutup beberapa sekolah.

11 dari 11 halaman

10. Bisakah Terinfeksi Virus dari Makanan yang Disiapkan Orang yang Terinfeksi?

Seseorang yang terinfeksi Virus Corona berpotensi menularkannya kepada orang lain jika makanan yang mereka siapkan tidak disiapkan secara higienis.

Virus Corona dapat disebarkan dengan tetesan (droplets) batuk di tangan.

Mencuci tangan sebelum menyentuh dan memakan makanan adalah saran yang baik bagi siapa saja, sebagai upaya menghentikan penyebaran kuman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.