Sukses

Info Corona COVID-19 Bikin Pusing? Ikuti 5 Cara Ini Supaya Pikiran Tenang

Terlalu banyak membaca berita tentang Virus Corona tentu membuat pikiran ikut pusing. Ikuti 5 cara ini untuk menjaga tetap tenang.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dapat disangkal bahwa ini adalah waktu yang tidak pasti. Setiap kali Anda menggunakan media sosial atau menghidupkan TV, yang akan Anda liat hanyalah perkembangan situasi Virus Corona COVID-19. 

Selain itu, rutinitas harian Anda juga telah berubah, dengan atau tanpa pemberitahuan di rumah. Dan kondisi ekonomi dan keuangan sedang berada di ambang keruntuhan, Anda tetap merasa rentan dengan pendapatan maupun pekerjaan Anda. 

Di luar rumah Anda, segalanya tidak menjadi lebih baik untuk kondisi mental Anda. Anda tidak bisa lagi mengalihkan perhatian dan pergi ke pusat perbelanjaan untuk sekedar pergi ke bioskop. 

Bahkan supermarket dan restoran juga telah menerapkan langkah-langkah pengamanan yang ketat.

Terlepas dari perubahan itu, kemungkinannya adalah, Anda tidak sendirian dan bisa menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama anggota keluarga. Jadi, mengapa Anda masih memiliki rasa isolasi yang terus-menerus dan perasaan bahwa ada sesuatu yang hilang?

"Orang-orang memperoleh manfaat psikologis yang berbeda dari berbagai kalangan asosiasi," kata Asisten Asisten Profesor Daniel Kwek, yang merupakan konsultan senior dalam psikiatri di Rumah Sakit Umum Ng Teng Fong, seperti dilansir melalui laman Channel News Asia, Selasa (31/3/2020). 

Dari keluarga Anda, lingkaran asosiasi terdalam Anda, Anda memperoleh rasa aman serta identitas Anda sebagai pribadi, kata Dr. Kwek. Bagi sebagian besar orang dewasa yang bekerja, rekan kerja membentuk lingkaran asosiasi berikutnya, dan Anda memperoleh rasa kompetensi dan efisiensi dari mereka.

Orang dengan kondisi psikologis yang memiliki gangguan obsesif kompulsif, kecemasan atau depresi juga dapat dipicu oleh situasi saat ini, kata Dr Lim Boon Leng, seorang psikiater dari Rumah Sakit Gleneagles. Kondisi mereka memburuk karena “mereka merasa sulit untuk mengatasi isolasi, ketakutan akan infeksi, dan tekanan dari kejatuhan ekonomi”, kata Dr. Lim. Ditambah lagi, berita menyedihkan soal Virus Corona yang masih belum terlihat ujungnya, membuat pikiran menjadi lebih kalut.

Sesuai saran dari para ahli, berikut adalah 5 cara yang bisa Anda terapkan untuk menjadi tetap tenang:

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Berusahalah Hidup

Mungkin terdengar lebih mudah diucapkan daripada dilakukan tetapi cobalah untuk tidak khawatir.

“(Khawatir) tidak akan membantu situasi. Alih-alih, habiskan waktu dan energi untuk hal-hal yang penting bagi Anda, seperti keluarga Anda dan mengamati kebersihan yang tepat untuk menjaga semua orang aman," kata Dr Lim.

Cara terbaik untuk melakukan itu adalah menormalkan hidup Anda sebanyak mungkin, katanya.

“Luangkan setiap hari pada suatu waktu dan miliki rutinitas rutin seperti memperhatikan tanggung jawab dan aktivitas Anda yang biasa. Hanya perhatikan situasi COVID-19 di waktu senggang Anda alih-alih menjelajahi berita tanpa henti. "

Cara lain adalah fokus pada tugas yang Anda lakukan, bahkan jika itu hanya tugas rumah tangga, kata Jennifer Wickham, psikoterapis dari Mayo Clinic Health System yang berbasis di AS. 

“Ini efektif untuk memberikan sesuatu kepada pikiranmu untuk dilakukan selain khawatir. Ini akan membantu mengurangi rasa cemas dan stres yang dirasakan tubuh Anda," katanya. 

3 dari 6 halaman

2. Tak Perlu Mengikuti Berita 24/7

"Terkena informasi yang sama beberapa kali, terutama jika itu memicu kekhawatiran, dapat meningkatkan kecemasan orang dan bahkan menyebabkan trauma bagi sebagian orang," kata Wickham. Karena alasan itu, dia merekomendasikan untuk membatasi paparan Anda pada informasi negatif.

Selain itu, "menebak-nebak jumlah kasus dan berharap bahwa  itu akan berubah adalah pemborosan waktu dan energi kita", kata Dr. Lim.

Kiatnya adalah mendedikasikan waktu tertentu dalam sehari atau jumlah waktu tertentu untuk membaca berita. Ketika membaca berita pun, pastikan bahwa Anda membaca berita dari sumber resmi dan terpercaya, misalnya pemerintah, bukan hoaks yang akan semakin menyesatkan pikiran. 

4 dari 6 halaman

3. Hirup Udara Segar

Meskipun banyak orang menggunakan media sosial untuk terhubung dengan orang lain, beberapa mungkin masih merasa terisolasi.

“Kami tidak hanya ingin merasa terhubung dengan orang melalui media sosial atau konferensi video, kami juga ingin merasa terhubung dengan lingkungan eksternal dan alam,” kata Dr Lim.

Jadi, pergilah keluar jika situasi Anda memungkinkan (ingatlah untuk berlatih menjaga jarak dengan aman) dan terhubung dengan komunitas yang lebih besar, kata Dr Kwek.

"Senang sekali bisa melihat tetangga Anda atau orang lain di taman, misalnya, dan mengirim salam melalui senyuman, anggukan, dan gerak tubuh."

"Bagi orang yang lebih tua, hanya berjalan di sepanjang jalan di depan rumah mereka untuk merawat tanaman mereka bisa menyegarkan," katanya.

5 dari 6 halaman

4. Gunakan Waktu Secara Berkualitas Bersama Keluarga

Jujurlah, seberapa sering Anda makan bersama di meja makan dengan keluarga Anda, meskipun tinggal di bawah satu atap? (Makan sambil menonton TV atau menggulir feed Instagram Anda tidak masuk hitungan.)

“Seringkali, dalam kehidupan kita yang sibuk, kita sibuk menepati janji-janji dengan orang di luar rumah, dan kemudian pulang ke rumah kelelahan dan tidak menghabiskan waktu untuk berkomunikasi dengan orang-orang dalam kehidupan kita," kata Wickham.

Dengan banyak orang yang bekerja dari rumah atau menghindari pergi keluar, sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk menyambung koneksi kembali (asalkan Anda belum ditempatkan di karantina rumah).

"Lakukan hal-hal yang belum sempat Anda lakukan tetapi ingin lakukan dengan keluarga Anda yang dimungkinkan di bawah pembatasan saat ini," kata Wickham. "Cobalah duduk dan melakukan percakapan yang bermakna, bermain game, atau melakukan sesuatu bersama di dalam ruangan."

6 dari 6 halaman

5. Netralisasi Rasa Cemas Anda

Ketika pikiran sudah terlalu kalut dan perasaan cemas tak terbendung, pergilah ke satu ruangan sendirian. Kunci pintu dan tenangkan diri Anda sebisa mungkin.

Lakukan apapun yang bisa membuang perasaan tersebut, pergi tidur sebentar, menonton film hiburan atau sekadar menangis dan berteriak, itu semua tergantung pilihan Anda. 

Hanya saja pastikan, Anda siap melanjutkan kehidupan dengan perasaan yang lebih semangat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.