Sukses

Tak Ikut Trump, 7 Negara Bagian AS Lanjut Lockdown Cegah Corona COVID-19 Meluas

Walaupun Presiden Donald Trump telah bersikeras untuk mengembalikan kehidupan seperti semula, tujuh negara bagian di AS akan tetap memperpanjang status lockdown akibat pandemi Corona COVID-19.

Liputan6.com, New York - Tujuh negara bagian di wilayah timur laut AS pada Kamis 16 April. akan memperpanjang penutupan untuk mencegah penyebaran pandemi Virus Corona baru hingga 15 Mei. Keputusan ini ditetapkan bahkan ketika Presiden Donald Trump bersiap untuk merinci rencananya dalam mengakhiri penutupan di negara bagian AS yang paling tidak terpengaruh sedini 1 Mei.

Melansir Channel News Asia, Jumat (17/4/2020), Gubernur Andrew Cuomo memperpanjang masa inapnya di rumah selama dua minggu lagi, meskipun ada tren penurunan dalam metrik utama seperti rawat inap yang menunjuk pada stabilisasi dalam wabah di negara bagian New York. 

Dia mengatakan bahwa dirinya akan memperluas batasan pada bisnis dan kehidupan sosial dalam koordinasi dengan enam negara bagian  tetangga yang setuju untuk mengambil pendekatan regional untuk membuka kembali perbatasan dan kegiatan di wilayahnya. 

Pekan lalu, Los Angeles telah memperpanjang batasannya hingga 15 Mei, dan District of Columbia melakukan hal yang sama pada hari Rabu. 

"Apa yang terjadi setelah itu, saya tidak tahu - kita akan lihat, tergantung pada apa yang dikatakan data," kata Cuomo, yang negara bagiannya (New York) paling terpukul di Amerika Serikat.

Kemudian pada hari Kamis, Trump diperkirakan akan merinci strateginya untuk mulai membuka kembali ekonomi AS yang hancur pada 1 Mei, meskipun ada kekhawatiran dari para ahli kesehatan, gubernur dan pemimpin bisnis tentang bahayanya mencabut aturan pembatasan tanpa pengujian yang meluas.

Jumlah kematian yang tercatat di Amerika Serikat pada hari Rabu naik 2.500, rekor harian kedua berturut-turut. Korban tewas AS dalam pandemi global sekarang lebih dari 31.000, lebih tinggi dari negara lain.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ekonomi AS Terguncang

Penerapan pembatasan sosial telah mencekik ekonomi AS sampai tingkat yang tidak terlihat sejak Depresi Hebat hampir seabad lalu.

Sekitar 5,2 juta orang Amerika mencari tunjangan pengangguran pekan lalu, menurut laporan dari Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis,

Presiden Republik, yang mempertaruhkan pemilihannya kembali pada November atas kekuatan ekonomi AS, dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan para gubernur negara itu pada pukul 15:00 (1900 GMT) dan mengatakan ia akan mengumumkan rencananya pada konferensi pers nanti pada hari Kamis. 

Selain koalisi tujuh negara Pantai Timur, tiga gubernur dari Pantai Barat telah membentuk aliansi yang sama untuk mengoordinasikan pembukaan kembali. 

10 negara bagian, sebagian besar dipimpin oleh Demokrat, bersama-sama berkontribusi sebanyak 38 persen dalam ekonomi AS.

Pada hari Rabu, Trump mengatakan data yang menunjukkan bahwa kasus baru telah memuncak dan para pemimpin industri dalam serangkaian panggilan menawarkan kepadanya wawasan yang baik tentang bagaimana cara memulai kembali sistem perekonomian dengan aman.

Tetapi para ahli kesehatan masyarakat dan pemimpin bisnis mengatakan bahwa pengujian komprehensif untuk virus corona baru adalah prasyarat untuk mencabut perintah tinggal di rumah dan langkah-langkah social distancing lainnya guna memastikan tidak ada lonjakan infeksi dan agar orang merasa aman.

"Kami meningkatkan pengujian. Kita harus melihat apa tingkat infeksi ... Kita harus berhati-hati sebelum kita membuka pintu lagi untuk sekolah dan yang lainnya," ujar Gubernur Connecticut Ned Lamont.

"Aku tidak bisa hanya menunggu bimbingan pemerintah federal, tetapi aku akan mendengarkannya ketika itu datang."

 

3 dari 3 halaman

Sejumlah Negara Bagian Siap Buka Perbatasan

Jumlah total kasus nasional naik hampir 30.000 pada hari Rabu menjadi 637.000, peningkatan terbesar dalam lima hari. Tetapi tidak semua negara bagian mengalami dampak yang sama.

Delapan belas negara bagian mencatat kurang dari 100 kematian akibat COVID-19.

Pada hari Rabu, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Robert Redfield mengatakan bahwa 19 hingga 20 negara bagian telah mengindikasikan bahwa mereka siap untuk dibuka secepat 1 Mei, tanpa menyebut negara bagian.

Doug Burgum dari Dakota Utara adalah satu-satunya gubernur negara bagian yang mengeluarkan pedomannya sendiri untuk dibuka kembali secepatnya 1 Mei.

Michigan memiliki salah satu tingkat infeksi yang paling cepat berkembang di negara itu untuk virus corona baru, dengan lebih dari 27.000 kasus yang dikonfirmasi dan hampir 1.800 kematian.

Awal pekan ini, Trump mengatakan ia memiliki kekuatan untuk mengesampingkan gubernur negara bagian yang tidak bergerak untuk memulai kembali kegiatan, tetapi kemudian mengatakan ia akan bekerja dengan mereka dalam upaya mereka untuk membuka kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.