Sukses

Ungkap Corona, Gubernur California Minta Pasien Flu Meninggal Sejak Desember 2019 Diotopsi

Gubernur California memerintahkan otopsi jenazah sejak Desember 2019 untuk mengungkap tentang kapan pandemi virus corona mulai berdampak pada warga California.

Liputan6.com, California - Gubernur California Gavin Newsom (Partai Demokrat) memerintahkan pemeriksa medis dan koroner di seluruh negara bagian untuk melakukan otopsi pasien flu yang meninggal sejak Desember 2019 lalu untuk "membantu membimbing pemahaman yang lebih dalam" tentang kapan pandemi virus corona "mulai berdampak pada warga California."

"Itu adalah informasi forensik penting, sangat penting dalam memahami epidemiologi penyakit ini, semua hal itu harus diungkap dengan lebih jelas dan terang," Newsom pada jumpa pers 22 April 2020, dikutip dari the Hill, Sabtu (2/5/2020).

"Bukan hanya karena pengumuman spesifik ini, tetapi saya membayangkan pengumuman selanjutnya yang dapat dilakukan dengan upaya serupa di seluruh negara bagian California."

Pengumuman Newsom datang setelah para pejabat di Santa Clara County, California mengatakan Selasa 21 April 2020 bahwa kematian pertama orang Amerika akibat virus corona terjadi beberapa pekan lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

Otopsi terhadap dua orang yang meninggal pada awal dan pertengahan Februari menunjukkan bahwa mereka telah terinfeksi oleh virus corona.

Sebelum temuan itu terungkap, korban tewas akibat virus corona pertama di AS telah diidentifikasi sebagai seorang pria berusia 50-an di negara bagian Washington yang meninggal pada 29 Februari 2020.

Jeffrey Smith, seorang dokter yang menjabat sebagai eksekutif daerah untuk Santa Clara County, mengatakan awal April bahwa virus corona kemungkinan "menyebar" di California pada waktu yang "jauh lebih lama daripada yang kita yakini," Los Angeles Times melaporkan pada 11 April 2020.

"Ini tidak dikenali karena kami mengalami musim flu yang parah," lanjut Smith.

"Gejalanya sangat mirip flu. Jika Anda menderita COVID-19, Anda tidak benar-benar memperhatikan."

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Pertama Virus Corona di AS Terjadi pada Februari 2020

Orang AS pertama yang meninggal karena COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru yang telah menjadi pandemi global, meninggal beberapa minggu lebih awal dari yang diperkirakan, kata para pejabat di California pada April 2020.

Kantor Koroner dan Pemeriksa Medis Santa Clara County, California, mengatakan bahwa autopsi pada dua orang yang meninggal pada awal dan pertengahan Februari 2020 menunjukkan mereka telah terinfeksi oleh virus. Sampel yang dikirim ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dinyatakan positif pada Selasa 21 April 2020.

Sebelum temuan itu, kematian COVID-19 pertama di AS diidentifikasi sebagai seorang pria berusia 50-an di negara bagian Washington yang meninggal pada 29 Februari 2020.

Kedua orang yang diperiksa oleh Santa Clara meninggal di rumah pada 6 Februari dan 17 Februari, menjadikan mereka korban paling awal dari virus corona di Amerika Serikat, departemen kesehatan masyarakat Santa Clara County mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan pada Selasa 21 April 2020.

Departemen itu mengatakan, kedua individu "meninggal di rumah pada saat pengujian sangat terbatas yang hanya tersedia melalui CDC."

"Kriteria pengujian yang ditetapkan oleh CDC pada waktu itu membatasi pengujian hanya pada individu dengan riwayat perjalanan yang diketahui dan yang mencari perawatan medis untuk gejala tertentu," tambahnya.

"Karena Pemeriksa Medis dan Koroner terus menyelidiki kematian dengan hati-hati di seluruh wilayah, kami mengantisipasi kematian tambahan dari COVID-19 yang akan diidentifikasi."

3 dari 4 halaman

Transmisi Lokal Pertama

Kasus coronavirus pertama diidentifikasi di California pada awal Februari, tetapi kasus pertama komunitas menyebar ke seseorang yang tidak memiliki hubungan dengan kasus COVID-19 sebelumnya atau bepergian ke tempat-tempat berisiko seperti Wuhan, China, tidak diidentifikasi hingga 26 Februari, ketika seorang penduduk Kabupaten Solano dirawat di daerah Sacramento dinyatakan positif terkena virus.

Pejabat Santa Clara County tidak mengidentifikasi salah satu dari dua orang yang meninggal, apakah mereka telah melakukan perjalanan ke Wuhan atau di tempat lain, atau apakah mereka memiliki kontak dengan beberapa orang yang telah didiagnosis dengan penyakit COVID-19 sebelum mereka meninggal.

Tetapi, klasifikasi ulang kematian mereka terkait dengan coronavirus menunjukkan virus telah menyebar ke seluruh Amerika Serikat lebih awal daripada yang diperkirakan sebelumnya --berpotensi selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan sebelumnya.

Orang pertama yang dites positif untuk virus corona di AS, seorang pria Washington berusia 30-an yang telah melakukan perjalanan ke Wuhan, dites positif pada 22 Januari 2020. Pasien itu pulih, tetapi ia diperkirakan telah menyebarkan virus ke beberapa orang lain di negara, memulai wabah pertama yang diketahui di Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Kluster-Kluster yang Berbeda

Penyelidik akan menentukan apakah salah satu kematian Santa Clara terhubung ke kluster Washington, tetapi kemungkinan virus itu tiba di berbagai bagian Amerika Serikat pada waktu yang berbeda, dan dari tempat yang berbeda.

Data genetik dari pasien di New York menunjukkan virus yang membuat mereka tertular kemungkinan berasal dari kontak di Italia atau bagian lain Eropa, sementara wabah Washington datang dari Amerika yang melakukan perjalanan ke Wuhan.

Santa Clara, rumah dari Silicon Valley, memiliki hubungan udara yang luas ke Asia dan Eropa, membuat penyebaran virus ini tidak bisa dihindari.

Kasus-kasus baru juga menggarisbawahi betapa tertinggalnya persiapan AS untuk virus corona yang mewabah di negara tersebut pada Februari. Ketika negara-negara seperti Korea Selatan, Taiwan dan China meningkatkan pengujian yang pada akhirnya akan mencakup sebagian populasi mereka untuk mengendalikan virus, respons Amerika Serikat terhambat oleh tes yang dibuat CDC yang tidak berfungsi dan sektor swasta yang tidak membuat tes sendiri yang dapat beroperasi pada skala besar.

Orang pertama di Amerika Serikat yang meninggal karena COVID-19, pada 6 Februari, meninggal enam hari sebelum laboratorium kesehatan masyarakat California mulai menguji virus corona. Pada saat itu, California mengirim semua sampelnya ke CDC di Atlanta. Pada hari orang pertama meninggal, California telah mengidentifikasi enam kasus, termasuk dua di Santa Clara County.

Jeffrey Smith, seorang dokter yang menjabat sebagai eksekutif daerah untuk Santa Clara County, mengatakan pada sebuah pengarahan awal bulan ini bahwa virus itu bisa "mewabah" di California "jauh lebih lama daripada yang kita yakini," lapor Los Angeles Times pada 11 April 2020.

"Ini tidak dikenali karena kami mengalami musim flu yang parah," lanjut Smith.

"Gejalanya sangat mirip flu. Jika Anda menderita COVID, Anda tidak benar-benar memperhatikan."

"Kamu bahkan tidak pergi ke dokter. Dokter mungkin bahkan tidak melakukannya, karena mereka mengira itu adalah flu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.