Sukses

Penyebab Selangkangan Hitam dan 5 Bahan Alami untuk Mengobatinya

Ada beberapa alasan mengapa seseorang dapat mengalami penggelapan kulit pada paha bagian dalam atau selangkangan. Berikut ini sejumlah cara sederhana untuk menghilangkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit gelap pada paha bagian dalam atau selangkangan dapat dialami oleh siapa saja, terlepas dari warna kulit.

Ini terjadi ketika kulit pada paha bagian dalam menghasilkan banyak melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit.

Ini disebut hiperpigmentasi. Perubahan warna selangkangan yang gelap bahkan bisa terjadi di pinggang, payudara atau selangkangan.

Penyebab

Ada beberapa alasan mengapa seseorang dapat mengalami penggelapan kulit pada paha bagian dalam. Beberapa alasan ini termasuk:

  • Pertama yaitu radang yang dapat terjadi selama berolahraga atau berjalan, dan dapat menyebabkan kulit menjadi tipis, gatal, dan berubah warna.
  • Kedua yaitu ketidakseimbangan hormon. Terutama di antara wanita selama menyusui, kehamilan, atau menstruasi, atau di antara mereka yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS).
  • Ketiga, obat-obatan tertentu. Seperti kontrasepsi oral hormonal atau obat kemoterapi tertentu.
  • Keempat, paparan sinar matahari. Selanjutnya adalah kulit kering, gesekan dari pakaian ketat, acanthosis nigricans, kelainan pigmentasi kulit, diabetes mellitus.

Faktor Risiko

Seseorang yang kegemukan mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk paha bagian dalam yang gelap karena radang kulit.

Anda juga berisiko lebih tinggi jika Anda memiliki ketidakseimbangan hormon atau diabetes mellitus, atau Anda minum obat-obatan tertentu.

Berikut 5 bahan alami yang bisa samarkan warga gelap pada selangkangan seperti dikutip dari laman healthline.com, Selasa (12/5/2020):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Minyak Kelapa dan Jus Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu mengobati hiperpigmentasi. Minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pelembab, dan dapat membantu menjaga paha Anda lembut dan kenyal.

Untuk membuat scrub minyak kelapa dan jus lemon:

Campurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan jus setengah lemon. Gosok campuran ke area yang menghitam dan pijat selama 10 menit atau lebih.

Cuci bersih area tersebut.

Penelitian menunjukkan bahwa formulasi tertentu yang mengandung vitamin C mungkin lebih efektif daripada yang lain, sehingga metode ini mungkin tidak terbukti efektif untuk Anda.

 

3 dari 6 halaman

2. Lulur Gula

Gula dapat membantu pengelupasan kulit. Eksfoliasi daerah dapat membantu jika kulit gelap disebabkan oleh penumpukan kulit mati.

Campurkan jus lemon segar, satu sendok teh gula, dan satu sendok makan madu. Gosok campuran dengan lembut ke paha bagian dalam. Bilas area untuk menghilangkan scrub. 

 

4 dari 6 halaman

3. Lulur Yoghurt Oatmeal

Oatmeal dapat digunakan untuk mengobati eksim dan kondisi kulit inflamasi lainnya. Ini juga bisa bertindak sebagai exfoliant, dan mungkin lebih lembut daripada gula.

Yoghurt mengandung asam laktat, yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Untuk membuat scrub oatmeal Anda sendiri:

Oleskan campuran oatmeal dan yogurt ke area kulit yang gelap, dan gosok dengan lembut, biarkan lalu bilas.

 

5 dari 6 halaman

4. Lidah Buaya

Gel lidah buaya atau produk berbasis lidah buaya dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan lecet.

Aloe mengandung aloin, yang menunjukkan potensi Sumber yang dipercaya sebagai pencerah kulit. Oleskan seperti lotion, dan biarkan produk meresap ke kulit Anda. Anda tidak perlu membilasnya.

 

6 dari 6 halaman

5. Kentang

Menggosok kentang di kulit Anda adalah obat tradisional untuk bintik-bintik hitam pada kulit.

Diyakini bahwa katekolase, enzim dalam kentang, dapat mencerahkan kulit. Untuk mencoba cara ini:

Potong kentang. Gosok irisan kentang di atas area yang terkena selama 15 menit atau lebih.Cuci area tersebut dengan lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini