Sukses

Gerbang Brandenburg di Berlin Dibuka Kembali

Gerbang Brandenburg yang menjadi simbol persatuan warga Jerman kembali dibuka setelah direnovasi selama dua tahun. Pembukaan ini bertepatan dengan peringatan 12 tahun bergabungnya dua Jerman.

Liputan6.com, Berlin: Simbol persatuan warga Jerman, Gerbang Brandenburg di ibukota Berlin resmi dibuka setelah direnovasi selama dua tahun. Pembukaan gerbang ini juga bertepatan dengan peringatan 12 tahun bergabungnya Jerman Timur dan Barat, 3 Oktober 1990. Acara seremonial ini dilakukan melalui sebuah upacara dan pertunjukan musik yang dihadiri Kanselir Jerman Gerhard Schroeder dan mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, Kamis (3/1).

Dalam sambutannya, Schroeder mengingatkan rakyat Jerman bahwa negaranya telah bersatu dan bebas. Pernyataan serupa, yakni Berlin Ist Frei juga pernah diungkapkan Clinton saat berkunjung ke Berlin pada 1994.

Gerbang Brandenburg didirikan abad ke-18 yang pada masa perang dingin menjadi simbol keberhasilan tentara Prancis dan Rusia. Namun, ketika revolusi damai bergolak di Jerman Timur, warga setempat berhasil memaksa rezim komunis yang berkuasa untuk menumbangkan tembok tersebut. Akhirnya, pada 1989, gerbang itu kembali menjadi simbol kebebasan sekaligus persatuan Jerman [baca: Gerbang Brandenburg di Jerman Akan Dikomersialkan].(ORS/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini