Sukses

Perdana, Donald Trump Pakai Masker di Depan Umum Saat Pandemi Virus Corona

Presiden AS Donald Trump telah mengenakan masker di depan umum untuk pertama kalinya sejak awal pandemi virus corona menyerang negara itu.

Liputan6.com, DC - Presiden AS Donald Trump telah mengenakan masker di depan umum untuk pertama kalinya sejak awal pandemi virus corona menyerang negara itu.

Ia sedang mengunjungi rumah sakit militer Walter Reed di luar Washington, di mana ia bertemu dengan tentara yang terluka dan pekerja medis.

"Aku tidak pernah menentang masker tapi aku yakin mereka punya waktu dan tempat," katanya ketika meninggalkan Gedung Putih, seperti dikutip dari BBC, Minggu (12/7/2020).

Dia sebelumnya mengatakan bahwa dia tidak akan memakai masker dan mengejek saingannya dalam pilpres 2020 nanti, politikus Partai Demokrat Joe Biden, karena melakukan itu.

Tetapi pada hari Sabtu ia berkata: "Saya pikir ketika Anda berada di rumah sakit, terutama di tempat khusus itu, di mana Anda berbicara dengan banyak tentara dan orang-orang yang, dalam beberapa kasus, baru saja turun dari meja operasi, saya pikir itu bagus untuk memakai masker."

Berbicara kepada Fox Business Network minggu lalu, Donald Trump berkata: "Saya setuju untuk (memakai) masker."

Dia menambahkan bahwa dia "agak suka" memakainya, menyamakan dirinya dengan Lone Ranger, seorang pahlawan bertopeng fiksi yang dengan teman asli Amerika-nya, Tonto, melawan penjahat di Amerika Barat Lama.

Tetapi ketika Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) pada bulan April mulai merekomendasikan orang memakai topeng atau kain penutup di depan umum untuk membantu menghentikan penyebaran virus, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa ia tidak akan mengikuti praktik itu.

"Kurasa aku tidak akan melakukannya," katanya saat itu. "Mengenakan masker saat saya menyapa presiden, perdana menteri, diktator, raja, ratu - saya hanya tidak bisa membayangkannya."

Beberapa laporan media menyarankan para staf-nya berulang kali meminta presiden Donald Trump untuk mengenakannya di depan umum.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Virus Corona COVID-19 di AS Lampaui 55.000 Selama 3 Hari Terakhir

Amerika Serikat melaporkan lebih dari 56.300 kasus Virus Corona COVID-19 baru pada Kamis 9 Juli. Itu merupakan hari ketiga berturut-turut di mana infeksi meningkat setidaknya hingga 55.000.

Melansir Channel News Asia, Sabtu (11/7/2020), sejumlah negara bagian seperti California, Florida, dan Texas baru-baru ini memecahkan rekor. Hal ini pun membuat harapan memudar untuk saingan ekonomi dan saham Amerika Serikat ditutup sekitar 1 persen karena investor khawatir penguncian lainnya akan melumpuhkan bisnis lagi.

Bahkan di luar tiga negara bagian terpadat, angka kasus juga meningkat. Alabama, Montana dan Wisconsin mencatat kenaikan harian terbesar mereka pada hari Kamis. Angka infeksi dilaporkan meningkat di 41 dari 50 negara bagian.

Pada hari Rabu, Amerika Serikat mencatat peningkatan terbesar dalam kasus, yakni naik 60.541 dalam satu hari.

Amerika Serikat telah melaporkan lebih dari 3,1 juta kasus total dan lebih dari 133.000 kematian akibat virus, membuat beberapa orang Amerika ragu untuk kembali ke ruang publik dan kembali ke bisnis meskipun ada upaya Presiden Donald Trump untuk mengecilkan risiko.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.