Sukses

Terkendala Cuaca, UEA 2 Kali Tunda Peluncuran Misi Hope ke Mars

Penundaan peluncuran misi ke Mars karena alasan cuaca yang tidak mendukung di lokasi peluncuran di Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Uni Emirat Arab (UEA) untuk kali kedua menunda peluncuran misi ke Mars. Penundaan karena alasan cuaca yang tidak mendukung di lokasi peluncuran di Jepang.

Dalam pernyataan resmi di Twitter, pemerintah UEA menyebut akan segera mengumumkan tanggal peluncuran yang baru pada Juli, serta memperpanjang periode peluncuran hingga 3 Agustus.

Misi bernama Hope kali ini awalnya akan diluncurkan dari Pusat Antariksa Tanegashima, Jepang, pada Rabu (15/7/2020) pagi, namun awan badai di sekitar lokasi peluncuran membuatnya ditunda.

Hope diatur untuk melakukan perjalanan selama tujuh bulan menuju Mars. Misi Hope akan mengorbit dan mengirimkan data mengenai atmosfer di sana. 

"Periode peluncuran telah diset dengan kajian yang teliti mengenai orbit bumi dan Mars, demi memastikan Hope tiba pada masa terpendek dengan konsumsi energi tingkat terendah," tulis pengelola misi Hope.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Misi Sejak 2014

Negara pengekspor minyak ini pertama kali mengumumkan rencana misi ke Mars pada 2014 dengan target mencapai planet itu pada 2021.

Dengan populasi penduduk sebanyak 9,4 juta jiwa yang kebanyakan pekerja asing, UEA kekurangan saintifik dan basis industri untuk menjadi bangsa yang bisa memproduksi dan meluncurkan pesawat antariksa.

Seperti dilansir Antara, pada 2017, UEA kemudian meluncurkan Program Antariksa Nasional untuk mengembangkan kepakaran dalam hal ilmu antariksa bagi masyarakatnya sendiri. Hazza al-Mansouri menjadi orang UEA pertama yang pergi ke antariksa dalam penerbangan ke Stasiun Antariksa Internasional pada September 2019.