Sukses

Hari Kemerdekaan Ke-75 RI, AS Akui Langkah Besar Indonesia Sebagai Negara Demokrasi

Amerika Serikat memberikan ucapan selamat dan harapan untuk Indonesia yang merayakan 75 tahun kemerdekaan.

Liputan6.com, Jakarta- Kemerdekaan Indonesia telah genap berusia 75 tahun. Berbagai ucapan dan harapan untuk Indonesia disampaikan sejumlah negara di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. 

Salah satunya adalah Amerika Serikat, yang memberikan ucapan selamat dan harapan untuk Indonesia. Hal tersebut disampaikan Kuasa Usaha ad Interim Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia, Heather Variava. 

"Atas nama Pemerintah Amerika Serikat, Kedutaan Besar di Jakarta, dan Konsulat di Surabaya, Medan, dan Bali, dengan tulus saya mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia yang tengah merayakan hari ulang tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus," tutur Heather Variava, dalam sebuah video yang dibagikan Kedubes AS di Jakarta via Twitter, Senin (17/8/2020). 

Heather Variava melanjutkan, melalui masa-masa dan tantangan global maupun masa yang tenang, kemitraan strategis AS dengan Indonesia membuktikan luasnya persahabatan serta komitmen terhadap nilai-nilai demokrasi. 

Kendati demikian, "Kesamaan landasan demokrasi inilah yang menjadikan kedua negara kita berdiri bersama demi kesejahteraan regional dan global untuk semua," terang Heather Variava.

Saksikan Video Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Refleksikan Persahabatan Panjang

Tiga hari sebelumnya, yaitu pada 14 Agustus, ucapan selamat dan sambutan untuk HUT ke 75 RI juga telah disampaikan oleh Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo.

"Atas nama Pemerintah Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada rakyat Indonesia yang merayakan 75 tahun kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus," ucap Menlu Mike Pompeo.

Dalam pernyataannya, Menlu Mike Pompeo juga mengatakan bahwa peringatan 75 tahun adalah momen penting dan waktu untuk mengakui langkah besar bangsa Indonesia untuk muncul sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia dan negara G20.

"Ini juga merupakan momen untuk merefleksikan persahabatan panjang antarbangsa kita," ujar Menlu Mike Pompeo dalam pernyataan pers yang dirilis oleh U.S. Department of State.

Menlu Mike Pompeo melanjutkan, bahwa kemitraan strategis yang telah dibangun Amerika Serikat dan Indonesia tetap menjadi lebih penting dari sebelumnya, meskipun kedua negara menghadapi tantangan pandemi global yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Kami akan terus memperkuat ikatan yang dinikmati kedua negara berdasarkan nilai-nilai demokrasi bersama, ikatan ekonomi kami yang dalam, dan komitmen kami untuk Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera," kata Menlu Mike Pompeo, dalam akhir pernyataannya.