Sukses

Beda dengan Sebelumnya, Kapan Hasil Pengumuman Pemilu Amerika Bakal Keluar?

Saat ini, proses penghitungan suara dalam pemilu AS masih berlangsung. Siapa yang akan menang?

Liputan6.com, Jakarta - Jajak pendapat telah ditutup dalam pemilu AS, tetapi persaingan untuk jabatan tertinggi Gedung Putih antara Donald Trump dan Joe Biden masih belum terselesaikan. 

Hal tersebut lantaran, besar kemungkinan untuk tidak mendapatkan hasil pada malam pemilihan.

Jutaan lebih orang Amerika Serikat telah memberikan suara melalui pos karena virus corona, yang berarti penundaan penghitungan semua suara selalu mungkin terjadi. Demikian seperti mengutip laman BBC, Rabu (4/11/2020). 

Hasil pengumuman biasanya jelas pada malam pemilihan.

Negara bagian yang berbeda berhenti memberikan suara pada waktu yang berbeda. Pemungutan suara pertama ditutup di Pantai Timur pada pukul 19:00 waktu setempat (00:00 GMT). Ini diikuti dengan total suara berjalan seperti yang dilaporkan di setiap negara bagian.

Penghitungan penuh tidak pernah selesai pada malam pemilihan dan hal itu normal. Tetapi biasanya, penghitung sudah menemukan cukup suara untuk mengonfirmasi pemenang.

Sebuah negara "diproyeksikan" oleh outlet media utama AS ketika mereka yakin salah satu kandidat memiliki keunggulan yang tak terkalahkan. Itu bukan hasil akhir tetapi hampir selalu terbukti benar ketika semua suara dihitung.

Presiden AS tidak ditentukan oleh pemungutan suara nasional, tetapi dengan memenangkan cukup banyak negara bagian.

Pemenang di setiap negara bagian mengambil sejumlah "suara elektoral" berdasarkan pada jumlah penduduknya.

Untuk memenangkan Gedung Putih, dibutuhkan 270 suara elektoral.

Pada tahun 2016, pemilihan untuk Donald Trump dilakukan sekitar pukul 02:30 EST (07:30 GMT), setelah kemenangan di Wisconsin menempatkannya di atas 270.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perbedaan Pengumuman Hasil Pemilu Tahun Ini

Pandemi Virus Corona COVID-19 membuat lebih banyak orang dari sebelumnya yang memberikan suara lebih awal, baik melalui pos atau secara langsung.

Penghitungan suara melalui pos biasanya memakan waktu lebih lama, karena harus melalui lebih banyak langkah untuk diverifikasi, seperti tanda tangan dan pemeriksaan alamat.

Beberapa negara bagian seperti Florida mengizinkan proses ini untuk dimulai beberapa minggu sebelum hari pemilihan, sehingga suara sudah siap untuk dihitung. Misalnya Arizona, negara bagian penting lainnya yang diperhitungkan lebih awal, jadi kemungkinan hasilnya bisa diraih lebih cepat di sana. 

Tetapi negara bagian lain, seperti Pennsylvania dan Wisconsin, tidak mengizinkan pemungutan suara awal diproses hingga hari pemungutan suara.Negara bagian ini akan menjadi sangat penting dan pejabat pemilihan mengatakan penghitungan bisa memakan waktu berhari-hari. 

Ada penundaan dalam jajak pendapat lain tahun ini di mana 23 negara bagian yang mengadakan kontes pemilihan setelah pertengahan Maret membutuhkan waktu rata-rata empat hari untuk melaporkan hasil yang hampir lengkap, menurut analisis Washington Post.

3 dari 5 halaman

Penyebab Penundaan Penghitungan

Sekitar setengah dari negara bagian akan menerima surat suara pos yang tiba setelah hari pemilihan, asalkan diberi cap pos sebelum 3 November, jadi beberapa suara tidak akan dihitung sampai beberapa hari setelah pemilihan.

Selain itu, juga diperkirakan akan ada peningkatan dalam surat suara sementara - suara yang diberikan oleh orang-orang yang meminta surat suara tetapi memutuskan untuk memilih secara langsung. Dan ini tidak akan dimasukkan dalam penghitungan awal, karena memerlukan pemeriksaan untuk memastikan orang tidak memilih dua kali.

4 dari 5 halaman

Proses Penghitungan Suara

Kebanyakan surat suara baik kertas atau digital, dihitung dengan mesin.

Tetapi petugas pemungutan suara perlu memeriksa surat suara apa pun yang gagal diproses mesin.

Setelah pemungutan suara ditutup, data pemungutan suara akan ditransfer ke markas pusat pemilihan yakni balai kota atau lokasi serupa.

Terkadang, proses ini dilakukan secara elektronik. Tetapi di tempat lain, perangkat memori yang menyimpan data pemungutan suara harus dikirim secara fisik atau hasilnya dibacakan melalui telepon.

Setelah penghitungan suara dikirimkan, mereka akan mulai muncul di situs web resmi negara bagian.

Dalam kasus lain, jurnalis diberitahu oleh pejabat pemilihan negara bagian dan melaporkan hasil ini.

Ketika cukup banyak suara telah dihitung dari seluruh negara bagian untuk menentukan keunggulan yang tidak ada duanya, organisasi berita memanggil calon presiden yang menang untuk negara bagian itu.

Hasil tidak resmi ini disertifikasi hanya beberapa minggu kemudian, setelah dikonfirmasi oleh pejabat negara.

Penghitungan suara akhir dapat beralih antara penghitungan pertama dan hasil bersertifikat ini, tetapi tidak secara drastis.

5 dari 5 halaman

Peta Hasil Pemilu AS 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.