Sukses

Respons Partai Republik Atas Kemenangan Joe Biden-Kamala Harris dalam Pemilu AS 2020

Begini respons Partai Republik atas kemenangan kandidat dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden merayakan kemenangannya yang diproyeksikan dan Presiden Donald Trump berjanji untuk mengajukan perkara hasil penghitungan suara di berbagai negara bagian, beberapa anggota dari Partai Republik memutuskan hubungan dengan Trump dan maju untuk memberi selamat kepada Biden.

Mantan Gubernur Florida Jeb Bush, yang kalah dari Donald Trump dalam pemilihan pendahuluan dari Partai Republik 2016, mengatakan kepada Biden bahwa dia akan "berdoa untuk Anda dan kesuksesan Anda".

Mengutip laman Al Jazeera, Minggu (8/11/2020), Senator Republik Negara Bagian Utah, Mitt Romney, yang telah berdebat dengan Trump selama masa kepresidenannya turut memberi selamat kepada Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris.

Tokoh lain lagi, senator Republik Tennessee Lamar Alexander berkata, "penting untuk menghormati dan segera menerima hasilnya. Transfer kekuasaan yang tertib atau penegasan kembali kekuasaan yang sangat besar setelah pemilihan presiden adalah simbol yang paling abadi dari demokrasi kita."

Larry Hogan, gubernur Republik Maryland, dan Gubernur Partai Republik Massachusetts Charlie Baker juga mengucapkan selamat kepada Biden atas proyeksi kemenangannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beberapa Lainnya Terus Berjuang

Beberapa anggota Republik lainnya tetap berpegang pada Trump, bagaimanapun, mengatakan pemilihan belum berakhir hanya karena outlet media AS telah memproyeksikan kemenangan Biden.

Secara historis, setelah pemenang diproyeksikan, kandidat yang kalah akhirnya mengakui untuk menandai awal simbolis dari transfer kekuasaan secara damai.

Melanggar tradisi, Trump mengatakan setelah kompetisi itu disebut bahwa "fakta sederhananya adalah pemilihan ini masih jauh dari selesai".

"Joe Biden belum disertifikasi sebagai pemenang di negara bagian mana pun, apalagi negara bagian yang sangat diperebutkan menuju penghitungan ulang wajib, atau negara bagian di mana kampanye kami memiliki tantangan hukum yang valid dan sah yang dapat menentukan pemenang akhir," kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Anggota DPR AS dari Louisiana, Steve Scalise, yang sebagai Cambuk Minoritas DPR AS adalah anggota peringkat tertinggi kedua dalam kepemimpinan Partai Republik di DPR, mengatakan, “Masih ada tantangan hukum serius yang telah dibuat, dan sampai proses itu diselesaikan, pemilihan belum final."

Senator Republik Missouri Josh Hawley juga ikut menggemakan Trump, dengan mengatakan “media tidak bisa menentukan siapa presidennya. Orang-orang melakukannya. Ketika semua suara yang sah telah dihitung, penghitungan ulang selesai, dan tuduhan penipuan ditangani, kami akan tahu siapa pemenangnya”.

Anggota DPR AS Jodey Arrington dari Texas mengatakan "tidak bijaksana untuk menerima hasil apa pun sebelum penghitungan ulang final dan telah diperiksa oleh pengadilan dan ditetapkan untuk bersikap adil dan akurat".

Perlu dicatat bahwa kemenangan Trump tahun 2016 atas Demokrat Hillary Clinton dirayakan oleh Partai Republik tak lama setelah kemenangannya diproyeksikan pada malam pemilihan.

Itu terlepas dari kenyataan bahwa penghitungan suara tetap dekat di beberapa negara bagian utama ketika Trump diproyeksikan memenangkan pemilihan itu - dan beberapa dari hasil yang sangat tipis itu akhirnya menyebabkan penghitungan ulang dan sengketa hukum.

Arrington adalah salah satu orang yang memberi selamat kepada Trump malam itu pada November 2016, hanya beberapa menit setelah dia diproyeksikan sebagai pemenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.