Sukses

Tim Kampanye Donald Trump Kekeh Ingin Hitung Ulang Suara Pemilu AS di Wisconsin

Tim kampanye Donald Trump kembali berupaya untuk melakukan penghitungan suara ulang di Wisconsin, lantaran masih belum menerima kemenangan yang diproyeksikan kepada Joe Biden.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Donald Trump akan mengupayakan penghitungan ulang sebagian suara di negara bagian Wisconsin, yang diproyeksikan dimenangkan oleh saingannya Joe Biden dengan 20.000 suara.

Beberapa jam sebelum tenggat waktu pada Rabu 18 November 2020, tim kampanye Trump mengatakan ingin penghitungan ulang di sejumlah county di Milwaukee dan Dane, karena menuduh adanya penyimpangan. Demikian seperti mengutip BBC, Kamis (19/11/2020). 

Donald Trump telah membuat klaim penipuan yang tidak berdasar dan menolak untuk mengizinkan penyerahan tersebut. Sementara itu, Biden mengatakan penundaan transisi akan merusak respons pandemi di AS.

Kampanye Trump telah mengajukan berbagai tuntutan hukum yang mempertanyakan hasil di negara-negara bagian utama, meskipun pejabat pemilihan mengatakan tidak ada bukti penyimpangan yang meluas.

Presiden terpilih Joe Biden, seorang Demokrat, diproyeksikan memenangkan suara populer dengan lebih dari 5,6 juta suara - 3,6 poin persentase. Dalam sistem electoral college AS yang menentukan kepresidenan, dia memiliki 306 suara dibandingkan dengan 232 suara Trump.

Presiden harus membalikkan hasil di setidaknya tiga negara bagian untuk memenangkan pemilu, yang menurut para analis tidak akan pernah terjadi sebelumnya. Penghitungan ulang saat ini sedang dilakukan di Georgia di mana Biden unggul 14.000 suara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjuangkan Suara di Wisconsin

Di bawah hukum Wisconsin, Donald Trump memiliki hak untuk meminta penghitungan ulang karena margin kemenangan Biden kurang dari 1% tetapi lebih besar dari 0,25%. 

Namun, kampanyenya harus menanggung biaya operasional terlebih dahulu.

Pejabat negara mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah menerima $ 3 juta (£ 2,2 juta) dari kampanye Trump, untuk menutupi biaya penghitungan ulang, yang diperkirakan akan memakan waktu sekitar dua minggu.

Komisi Pemilihan Wisconsin mengatakan pada hari Senin bahwa penghitungan ulang penuh akan menelan biaya sekitar $ 7,9 juta.

Dalam permintaan penghitungan ulang sebagian, kampanye pemilihan ulang Trump menuduh bahwa surat suara yang tidak hadir - yang dibuat melalui pos - telah diubah dan dikeluarkan dengan tidak benar, dan undang-undang identitas pemilih telah dielakkan. Namun tuduhan tersebut tidak memberikan bukti apapun.

Milwaukee dan Dane, keduanya daerah yang secara tradisional condong ke Demokrat, bersama-sama mewakili lebih dari sepertiga suara Biden di Wisconsin, menurut laporan Milwaukee Journal Sentinel. 

Di Milwaukee, Biden menang dengan 317.270 suara berbanding 134.357 sedangkan di Dane County selisihnya 260.185 berbanding 78.800 yang mendukung Biden.

Langkah terbaru di Wisconsin dilakukan sehari setelah Trump memecat seorang pejabat keamanan dunia maya yang membantah klaimnya atas penipuan pemilih. Presiden Trump mengatakan dia "menghentikan" kepala Badan Keamanan Cyber ​​dan Keamanan Infrastruktur (Cisa) Chris Krebs karena pernyataannya yang "sangat tidak akurat" tentang integritas suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.