Sukses

Hilang di Utah, Monolit di Rumania Juga Lenyap Secara Misterius

Monolit kedua yang ditemukan di Rumania menghilang secara misterius dan menimbulkan tanda tanya tentang misteri tersebut.

Liputan6.com, Piatra Neamt - Monolit logam mengkilap yang baru-baru ini muncul di puncak bukit Rumania, menghilang secara misterius. Monolit merupakan bongkahan batu besar yang sering kali berbentuk pilar atau tugu.

"Bangunan setinggi sembilan kaki itu menghilang dalam semalam. Sekarang yang tersisa hanyalah lubang kecil yang tertutup tanah berbatu," ungkap Robert Iosub, wartawan surat kabar Ziar Piatra Neamt.

Tidak ada yang tahu dari mana asalnya atau siapa yang meletakkannya di dekat kota Piatra Neamt empat hari yang lalu, tetapi bangunan itu muncul pada hari yang sama ketika sebuah monolit kembar menghilang dari gurun Utah.

Dikutip dari Insider, Rabu (2/12/2020), asal usul dan hilangnya kedua monolit tersebut tetap menjadi misteri, meskipun teori terkemuka yang dilaporkan oleh New York Times menunjukkan bahwa monolit Utah adalah karya seniman AS John McCracken.

Monolit yang terlihat sama itu ternyata memiliki beberapa perbedaan yakni, pada monolit Rumania terdapat ukiran lingkaran yang saling berhubungan, sedangkan monolit Utah tampak mulus. Keduanya tampak mirip dengan lempengan raksasa dalam adegan ikonik di film Stanley Kubrick tahun 1968, "2001: A Space Odyssey."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Jelas Kapan Monolit Tersebut Berada di Rumania

Tidak jelas kapan monolit di Rumania muncul, meskipun outlet berita lokal Ziar Piatra Neamt melaporkan penemuan itu terjadi pada Jumat, 27 November lalu.

Beberapa pihak memeriksa data Google Earth dan menemukan bahwa monolit Utah muncul antara Agustus 2015 dan Oktober 2016, meskipun anggota Divisi Sumber Daya Margasatwa Utah melaporkan bahwa lempengan itu baru ditemukan pada 18 November 2020.

Citra satelit ekuivalen digunakan untuk menentukan apakah monolit Rumania telah lama ada atau tidak di daerah tersebut. Namun, tidak ada indikasi yang jelas tentang siapa yang meninggalkan monolit tersebut.

Pejabat negara bagian Utah mengolok-olok gagasan bahwa alien meninggalkan struktur.

"Adalah ilegal untuk memasang bangunan atau karya seni tanpa izin di lahan publik yang dikelola pemerintah federal, tidak peduli dari planet mana Anda berasal," kata divisi itu dalam sebuah pernyataan.

 

Reporter: Ruben Irwandi

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.