Sukses

Kanada Sepakat Bakal Kirim Astronot Pertamanya ke Bulan dalam Misi AS

Kanada telah menandatangani kesepakatan untuk mengirim astronot pertama ke Bulan dan tergabung dalam misi AS.

Liputan6.com, Ottawa - Kanada untuk pertama kalinya akan mengirim astronot ke Bulan dalam misi AS yang direncanakan pada tahun 2023. Hal ini disampaikan oleh Menteri Inovasi Navdeep Bains, mengumumkan kesepakatan resmi dengan Washington.

Wakil Presiden AS Mike Pence pekan lalu mengungkap sekumpulan orang beranggotakan 18 orang yang bisa pergi ke Bulan di bawah program Artemis NASA, di mana Kanada sekarang menjadi bagiannya. Demikian seperti melansir Channel News Asia, Kamis (17/12/2020).

Artemis dirancang untuk mengirim beberapa misi ke Bulan. 

Astronot Kanada - yang masih belum disebutkan namanya - akan mengambil bagian dalam perjalanan yang dijadwalkan terbang mengelilingi bulan dalam perjalanan 10 hari pada tahun 2023.

"Semua mata akan melihat ke langit saat salah satu astronot kami menjadi orang Kanada pertama yang melakukan perjalanan mengelilingi bulan," kata Bains pada konferensi pers.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2 dari 2 halaman

Kerja Sama Angkasa Luar Antara Kanada-AS

Kanada dan Amerika Serikat memiliki sejarah panjang kerja sama di luar angkasa. Bains juga mengatakan seorang astronot Kanada suatu hari akan terbang ke Gerbang Bulan, sebuah pos terdepan yang direncanakan NASA akan mengorbit bulan dalam dekade berikutnya.

Kanada membangun lengan robotik Canadarm yang awalnya dipasang di beberapa pesawat ulang-alik AS dan kemudian Stasiun Luar Angkasa Internasional. Kanada telah menandatangani kesepakatan untuk membangun Canadarm baru untuk Lunar Gateway.

Amerika Serikat bertujuan untuk menempatkan astronot di bulan pada tahun 2024.

Beberapa badan antariksa AS dan industri antariksa Amerika memandang ini sebagai suatu hal yang tidak realistis dan target tersebut dapat didorong mundur setelah Presiden terpilih Joe Biden menjabat pada 20 Januari.

Hingga kini, astronot terakhir yang benar-benar menginjak bulan adalah awak Apollo 17 pada Desember 1972.