Sukses

Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad Masuk Daftar 20 Ekstremis Berbahaya di Dunia Versi CEP

Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad masuk dalam daftar "20 ekstremis paling berbahaya" di dunia menurut Counter Extremism Project (CEP) yang berbasis di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan perdana menteri Malaysia Dr. Mahathir Mohamad, secara mengejutkan, masuk dalam daftar "20 ekstremis paling berbahaya" di dunia menurut Counter Extremism Project (CEP) yang berbasis di Amerika Serikat.

CEP merupakan nirlaba yang didirikan pada tahun 2014 oleh beberapa pejabat senior pemerintah AS - termasuk yang mewakili Kementerian Keamanan Dalam Negeri dan duta besar untuk berbagai negara lain. Organisasi itu diciptakan untuk tujuan memerangi kelompok ekstremis dengan "menekan jaringan dukungan keuangan dan material; melawan narasi ekstremis dan perekrutan online mereka; dan mengadvokasi undang-undang, kebijakan, dan peraturan yang cerdas."

Daftar berjudul "The Top 20 Most Dangerous Extremists On Earth" dibuat sebagai pengidentifikasi tentang apa yang diyakini CEP sebagai ekstremis top dunia dari seluruh "spektrum ideologi dan kepercayaan", dan termasuk pendukung teratas gerakan dan organisasi yang mereka anggap sebagai ancaman terbesar bagi keamanan internasional, demikian seperti dikutip dari Mashable Asia, Sabtu (9/1/2021).

Daftar ini juga mencakup lokasi mereka yang terakhir diketahui, kasus kematian yang dikaitkan dengan aksi mereka, dan analisis keseluruhan pengaruh mereka.

Menurut daftar itu, mantan pemimpin Malaysia Mahathir Mohamad berada di peringkat ke-14. CEP menggarisbawahi kebijakan anti-Semitisme (anti-Yahudi) Mahathir, kritik terhadap Barat dan komunitas LGBT.

 

Berikut ini ulasan mengenai Mahathir Mohamad, dan 20 ekstremis berbahaya di dunia menurut daftar CEP tersebut:

Simak video pilihan berikut:

2 dari 5 halaman

1 - 5

1. Hassan Nasrallah, Sekjen Hizbullah

Nasrallah adalah sekretaris jenderal kelompok teroris Syiah Hizbullah, dan tokoh penting dalam politik Lebanon.

Meskipun Nasrallah tidak memegang jabatan resmi di Lebanon, pakar terorisme Walid Phares menegaskan, "[Nasrallah adalah] dipandang sebagai sosok berpengaruh, jauh lebih tinggi daripada pejabat mana pun di Lebanon."

Nasrallah telah menyerukan balas dendam terhadap Amerika Serikat setelah serangan udara AS menewaskan komandan Pasukan IRGC-Quds Qasem Soleimani di Irak pada 3 Januari 2020.

 

2. Amir Muhammad Sa'id Abdal-Rahman al-Mawla, Pemimpin ISIS

Al-Mawla, warga negara Irak, menggantikan Abu Bakr al-Baghdadi sebagai pemimpin ISIS. Dia adalah pemimpin teroris senior di organisasi pendahulu ISIS, al-Qaeda di Irak, dan terus naik melalui jajaran ISIS.

 

3. Ismail Haniyeh, Kepala Politik Hamas

Haniyeh adalah kepala biro politik Hamas. Dia sebelumnya menjabat sebagai wakil pemimpin Hamas antara 2014 dan 2017 dan sebagai perdana menteri Hamas di Gaza antara 2007 dan 2014.

Haniyeh telah lama menganjurkan peran politik untuk Hamas, mengakibatkan kenaikannya menjadi perdana menteri Otoritas Palestina (PA) pada 2006 ketika kelompok itu bergabung dengan politik Palestina sebelum dengan keras mengasumsikan kontrol atas Gaza pada tahun berikutnya.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas memecat Haniyeh sebagai perdana menteri pada Juni 2007 menyusul bentrokan antara pasukan Hamas dan Fatah. Haniyeh menolak untuk menerima pemecatannya dan malah mengusir Fatah dan PA dari Gaza.

 

4. Beate Zchape, Pemimpin Ekstremis Neo-Nazi NSU Jerman

Zschäpe, bersama dengan Uwe Mundlos dan Uwe Böhnhardt, mendirikan National Socialist Underground (Nationalsozialistischer Untergrund atau NSU)—sebuah organisasi teroris sayap kanan dan neo-Nazi pada awal 1990-an.

Zschäpe menyerahkan diri kepada pihak berwenang pada tahun 2011, menyusul perampokan yang gagal yang menyebabkan penemuan kelompok itu.

Dia menjalani persidangan pada Mei 2013, di mana dia didakwa dengan pembunuhan 10 imigran dan keanggotaan dalam organisasi teroris.* Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada 11 Juli 2018.

 

5. Yusuf al-Qaradawi, Ideolog Muslim Brotherhood atau Ikhwanul Muslimin

Qaradawi adalah seorang teolog Islamis dan ideolog kepala tidak resmi dari Ikhwanul Muslimin. Ulama yang berbasis di Doha—yang dikenal karena retorika ekstremis dan fatwa militannya (dekrit keagamaan)—adalah salah satu ulama Sunni Islam yang paling berpengaruh.

Retorika dan fatwa Qaradawi telah menunjukkan dukungannya terhadap terorisme. Dia telah mendesak umat Islam yang tidak mampu berjihad fisik untuk secara finansial mendukung mujahidin.

3 dari 5 halaman

6 - 10

6. Stanislav Anatolyevich Vorobyev, Pemimpin Neo-Nazi di Rusia

Vorobyev masuk daftar Teroris Global (SDGT) oleh Departemen Luar Negeri AS dan merupakan pendiri dan salah satu pemimpin Gerakan Kekaisaran Rusia (RIM), sebuah organisasi teroris yang ditunjuk AS yang bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan gaya paramiliter kepada neo-Nazi dan supremasi kulit putih.

Vorobyev dilaporkan mendirikan RIM pada tahun 2002. RIM berusaha menciptakan "negara mono-etnis" yang dipimpin oleh "monarki otokratis Rusia," lebih disukai turun dari dinasti Romanov yang memimpin Rusia sebelum revolusi 1917.

 

7. Ashin Wirathu, Pemimpin Ekstremis anti-Muslim di Myanmar

Wirathu, pemimpin kelompok Buddha anti-Muslim, "gerakan 969," telah secara teratur menyerukan umat Buddha Myanmar untuk memboikot bisnis Muslim, dan telah memperingatkan bahwa Muslim Myanmar ingin "mengambil alih negara kita dan menjadikannya bangsa Islam yang jahat."

Wirathu sebelumnya menjalani hukuman penjara selama hampir satu dekade karena memicu konflik agama, meskipun ia dibebaskan pada 2012. Pesan ekstremis dan konspirasi Wirathu dijual di DVD dan CD di seluruh Myanmar.

 

8. Jehad Serwan Mostafa, WN AS Antek Tertinggi Al-Shabaab

Mostafa diyakini sebagai warga negara AS berpangkat tertinggi di luar negeri yang memiliki hubungan dengan kelompok teroris asing, termasuk salah satunya Al-Shabaab. Ada bukti bahwa Mostafa berperan dalam operasi eksternal kelompok teroris itu.

Pada 2011, ia muncul dalam konferensi pers dalam upaya yang jelas untuk memfasilitasi kemitraan antara al-Shabaab dan kelompok teroris lainnya. Sejak 2012, al-Shabaab secara resmi telah berafiliasi dengan al-Qaeda.

 

9. Martin Sellner, Pemimpin Kelompok Sayap Kanan GI Austria

Sellner adalah etno-nasionalis Austria dan pemimpin Identitären Bewegung (Gerakan Identitarian), juga disebut sebagai Generation Identity (GI), salah satu kelompok kanan-jauh eropa yang paling cepat berkembang dan paling menonjol.

GI adalah gerakan pemuda pan-Eropa yang berasal dari Prancis pada tahun 2012 sebagai sayap pemuda gerakan Les Identitaires Prancis. Sejak itu GI menyebar ke lima wilayah lain di Eropa. Cabang terbarunya mengklaim untuk menjangkau Inggris dan Irlandia, yang diklaim kelompok itu "ditimbulkan oleh multikulturalisme ekstrem."

GI percaya bahwa orang Eropa kulit putih menjadi korban "Pengganti Besar"—"proses di mana populasi asli Eropa digantikan oleh migran non-Eropa." GI berusaha untuk menghentikan apa yang dilihatnya sebagai Islamisasi Eropa, menghentikan globalisasi, dan membalikkan "Pengganti Besar."

 

10. Ahmad al-Hamidawi, Sekjen Kata'ib Hizbullah

Hamidawi adalah sekretaris jenderal milisi Irak yang didukung Iran Kata'ib Hizbullah (KH). Hamidawi dilaporkan bergabung dengan KH pada tahun 2007, tak lama setelah berdirinya kelompok itu.

Dia menerima pelatihan politik, militer, dan intelijen dari Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) dan segera dipromosikan ke Dewan Shura KH. Sebagai komandan di dalam KH, Hamidawi memainkan peran sentral dalam merencanakan serangan terhadap pasukan keamanan pemerintah Amerika dan Irak antara 2007 dan 2011.

4 dari 5 halaman

11 - 15

11. Adel Abdel Bary, Propagandis Al-Qaeda

Bary adalah propagandis al-Qaeda yang berbasis di Eropa pada tahun 1998. Pada tahun 1999, detektif Scotland Yard menangkap Bary sebagai rekan konspirator dari dua serangan pengeboman di kedutaan AS di Nairobi dan Dar Es Salaam. Serangan itu menewaskan sedikitnya 200 orang dan melukai ribuan lainnya.

Pada 2012, Bary diekstradisi ke Amerika Serikat di mana ia mengaku membantu merencanakan pengeboman. Pada 11 Desember 2020, Bary dideportasi kembali ke Inggris di mana MI5 dan polisi kontraterorisme sedang meninjau kembali dan pemukiman kembalinya.

 

12. Ahmed Umar Abu Ubaidah, Pemimpin Al-Shabaab

Abu Ubaidah adalah pemimpin kelompok teroris Somalia saat ini al-Shabaab. Abu Ubaidah adalah anggota senior al-Shabaab yang lama dan seharusnya menjabat sebagai mantan emir al-Shabaab, wakil Ahmed Godane.

Beberapa sumber percaya bahwa Abu Ubaidah adalah anggota Amniyat, divisi al-Shabaab yang paling ditakuti.

Amniyat terdiri dari anggota terlatih khusus yang melakukan misi tingkat tinggi seperti pembunuhan dan bertanggung jawab untuk mengekspos saingan dan informan dalam kelompok yang lebih luas.

Pada November 2019, Abu Ubaidah muncul dalam video yang menyebutkan Amerika Serikat sebagai target utama kelompok itu dan menuntut pendukung menyerang orang Amerika di mana pun mereka bisa.

 

13. Anjem Choudary, Ulama Inggris Pendukung ISIS

Warga negara Inggris Anjem Choudary adalah ulama Islam yang masuk daftar teroris internasional dan pendukung ISIS.

Choudary dan Bakri Mohammed mendirikan al-Muhajiroun pada tahun 1996 setelah Bakri Mohammed dikeluarkan dari jaringan Islam internasional Hizb ut-Tahrir.

Choudary dan al-Muhajiroun telah dikaitkan dengan beberapa ekstremis terkenal, dan kelompok itu secara terbuka memuji serangan 9/11.

 

14. Mahathir Mohamad

Mantan pemimpin Malaysia Mahathir Mohamad berada di peringkat ke-14. CEP menggarisbawahi kebijakan anti-Semitisme (anti-Yahudi) Mahathir, kritik terhadap Barat dan komunitas LGBT.

Organisasi nirlaba itu juga menggarisbawahi komentar yang dibuat Mahathir setelah serangan teroris Oktober 2020 di Nice, Prancis, di mana Dr M mengatakan, "Muslim memiliki hak untuk marah dan membunuh jutaan orang Prancis atas pembantaian di masa lalu."

"Mahathir adalah pemimpin yang dihormati di dunia Muslim. Dia adalah kritikus keras Israel dan telah dituduh anti-Semit," tulis CEP.

"Selain itu, Mahathir telah mendukung ambisi untuk mengukir wilayah yang dikelola sendiri untuk Muslim di Mindanao, Filipina, daerah yang diganggu oleh kekerasan ekstremis dan separatis."

Mengenai jumlah kasus kematian yang dikaitkan dengan tindakan Mahathir Mohamad, daftar itu mengatakan, "Mahathir tidak bertanggung jawab langsung atas tindakan kekerasan tertentu. Namun, pendapat kontroversialnya telah menyebabkan kecaman internasional karena diduga Mahathir mendukung kekerasan ekstremis terhadap Barat."

15. Mullah Fateh Krekar, Ulama Jihad Irak-Kurdi

Krekar adalah seorang pengkhotbah jihadis dan militan Kurdi Sunni Irak yang melakukan perjalanan ke Norwegia sebagai pengungsi dari Kurdistan Irak pada tahun 1991.

Dia adalah pendiri kelompok Islam yang sekarang tidak berfungsi Ansar al-Islam. Pada 26 Maret 2020 ia dikonfirmasi oleh otoritas Norwegia telah diekstradisi ke Italia di mana ia dijatuhi hukuman 12 tahun penjara karena memimpin jaringan jihadis.

5 dari 5 halaman

16 - 20

16. Rinaldo Nazzaro, Pemimpin Kelompok Supremasi Kulit Putih Rusia

Nazzaro meluncurkan The Base pada Juni 2018. The Base adalah jaringan neo-Nazi, supremasi kulit putih yang menggambarkan dirinya sebagai "jaringan survivalist dan pertahanan diri internasional" yang berusaha melatih anggota mereka untuk memerangi perang ras.

The Base dipengaruhi oleh perang ras yang disebut dalam buku neo-Nazi karya James Mason. The Base adalah kelompok akselerasi yang mendorong anarki pada awalnya sehingga kemudian dapat "memaksakan ketertiban dari kekacauan."

 

17. Simon Lindberg, Pemimpin Neo-Nazi Swedia

Lindberg adalah pemimpin kelompok supremasi dan neo-Nazi Gerakan Perlawanan Nordik (NRM) cabang Swedia. Dibentuk oleh nasionalis neo-Nazi di Swedia pada tahun 1997, NRM berusaha menggabungkan semua negara Nordik menjadi negara tunggal nasionalis-sosialis, baik oleh pemilu atau melalui revolusi.

Kelompok ini secara terbuka rasis, anti-imigran, anti-Semit, dan pro-Hitler — dan telah melakukan kekerasan yang menargetkan orang-orang gay, lawan ideologis dan, baru-baru ini, pengungsi Muslim.

Pada Januari 2018, pengadilan Swedia memvonis Lindberg "menghina kelompok berdasarkan ras, warna kulit, asal kebangsaan atau etnis mereka dengan meneriakkan 'Sieg Heil' sambil mengangkat lengan kanannya ke atas" selama unjuk rasa November 2016.

 

18. Samantha Lewthwaite, Anggota Al-Shabaab

Lewthwaite, alias "Janda Putih," adalah terduga anggota al-Shabaab dan mantan istri pembom teroris London 7/7, Germaine Lindsay.

Diduga, Lewthwaite pindah ke Kenya pada tahun 2007 atau 2011 dengan paspor palsu atas nama Natalie Faye Webb, dan tak lama kemudian mulai bekerja sama dengan kelompok ekstremis di Afrika timur.

 

19. Tooba Gondal, Perekrut Pengantin ISIS

Gondal adalah perekrut Inggris-Pakistan kelahiran Prancis untuk ISIS. Dia sangat penting dalam merekrut pengantin "jihad" untuk militan ISIS di Suriah, yang dia lakukan melalui platform media sosial, khususnya Twitter.

Saat masih berstatus mahasiswa di Goldsmiths, University of London, ia menjadi radikal dan kemudian melakukan perjalanan ke Suriah bersama suaminya, perekrut ISIS Abu Abbas al-Lubnani.

Selama di Suriah, Gondal diduga melakukan pelatihan senjata. Namun, setelah penangkapannya oleh pasukan yang dipimpin Kurdi dan akhirnya dideportasi ke Prancis dari Turki pada 2019, dia mengklaim telah kehilangan keyakinan ekstremisnya dan berusaha untuk kembali ke Inggris.

 

20. David Myatt, Eks-Neo-Nazi Beralih ke Ekstremisme Islam

Myatt adalah pendiri The Order of Nine Angles (ONA atau O9A)—sebuah kelompok neo-Nazi yang berbasis di Inggris yang didirikan pada 1970-an. Kelompok ini menghormati Adolf Hitler dan menjiwai simbologi Nazi dengan makna mistis.

Selama tahun 1990-an, Myatt adalah salah satu pendiri Gerakan Sosialis Nasional Inggris (NSM) garis keras dan dilaporkan sebagai pemimpin dalam Combat 18, sebuah kelompok kanan-jauh yang kejam.

Pada tahun 2006, Myatt masuk ke dalam bentuk Islam yang ekstrem dan mendukung membunuh murtad Muslim. Dia mengklaim bahwa kelompok sayap kanan tidak mampu memunculkan revolusi sosial dan Islam adalah jawabannya.

Myatt mengklaim telah meninggalkan ONA tetapi masih mempertahankan hubungan dengan organisasi.