Sukses

Korea Selatan: Vaksin Pfizer Ampuh 95 Persen Lawan COVID-19

Panel kesehatan di Korea Selatan (Korsel) menyatakan vaksin Pfizer ampuh COVID-19.

Liputan6.com, Seoul - Panel kesehatan Korea Selatan (Korsel) menyatakan vaksin Pfizer ampuh 95 persen melawan COVID-19. Penggunaannya juga dianjurkan bagi anak usia 16 tahun.

Dilaporkan Yonhap, Rabu (24/2/2021), panel kesehatan tersebut memberi rekomendasi kepada Kementerian Makanan dan Keselamatan Obat Korsel agar mengizinkan suntikan dua dosis vaksin Pfizer. Tak hanya untuk anak muda, vaksin ini juga bisa untuk lansia usia 65 tahun ke atas.

Review vaksin Pfizer itu melibatkan 3.448 partisipan di enam negara. Setengah menerima Pfizer, setengah pagi menerima vaksin plasebo.

Hasilnya, vaksin menunjukan efikasi sebesar 95 persen dalam mencegah COVID-19 pada orang-orang tanpa infeksi pada tujuh hari atau lebih setelah pemberian dosis kedua. Sementara, reaksi parah dari vaksin ini hanya 0,6 persen.

Peninjauan dari panel tersebut adalah satu dari tiga langkah evaluasi independen sebelum kementerian memberi persetujuan final.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengumuman Final

Pemerintah Korsel akan mengumumkan hasil review kedua pada Kamis 25 Februari besok, kemudian pengumuman final pada Jumat.

Setelahnya, vaksin Pfizer akan dipakai kepada 58.500 pegawai kesehatan yang merawat pasien COVID-19 pada Sabtu 27 Februari mendatang.

Vaksinasi akan dilakukan di lima fasilitas vaksinasi milik negara, sebab Pfizer butuh tempat penyimpanan ultra-dingin. Rencananya, Korsel akan membangun 120 fasilitas lagi di rumah sakit umum, gymnasium, dan lokasi pemerintah lain.

Vaksin Pfizer sudah disetujui oleh WHO untuk digunakan dan dapat didistribusi oleh COVAX.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.