Sukses

Rocket Lab Bakal Luncurkan Roket Neutron, Diklaim Bisa Bawa Manusia

Rocket Lab baru saja meluncurkan rencana untuk roket baru yang besar bernama Neutron yang dapat menerbangkan astronot.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan swasta Rocket Lab berencana untuk meluncurkan roket baru yang diberi nama Neutron pada tahun 2024.

Kabar ini muncul saat perusahaan bersiap untuk go public setelah merger dengan Vector Acquisition Corporation.

Dilansir dari Space, Selasa (2/3/2021) peningkatan skala dari roket Elektron siaga perusahaan menandai perubahan kedua dari rencana yang telah lama dicemooh, dan dimaksudkan untuk memanfaatkan minat yang berkembang dalam membangun jaringan satelit megaconstellation, seperti SpaceX's Starlink.

Roket Neutron juga diklaim mampu meluncurkan astronot, kata Rocket Lab.

"Ada beberapa hal yang kami katakan tidak akan pernah kami lakukan, tetapi kami akan membangun roket besar," kata CEO Rocket Lab Peter Beck dalam sebuah video yang mengumumkan Neutron yang dirilis hari Senin.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Roket Neutron Memiliki Tinggi 40 Meter

Tahun lalu, perusahaan itu mulai bekerja untuk membuat Electron yang dapat digunakan kembali, sebuah jalan yang sudah lama dikatakan tidak akan diambil oleh Beck.

Sebelumnya Beck pernah berjanji jika perusahaannya tidak akan menggunakannya kembali, namun ternyata janjinya tersebut tidak dapat ditepati dan kembali membuat Electron.

Roket Neutron akan berdiri setinggi 130 kaki (40 meter) dan mampu meluncurkan muatan hingga 8 metrik ton (8.000 kilogram) ke orbit Bumi yang rendah dan mengirimkan hingga 4.400 lbs. (2.000 kg) ke bulan.

Sebagai perbandingan, penguat Electron Rocket Lab memiliki tinggi 59 kaki (18 meter) dan dapat membawa muatan lebih dari 660 lbs. (300 kg) untuk peluncuran satelit kecil.

Lab Roket bertujuan untuk memulihkan penguat Elektron dengan membuat parasut ke Bumi dan menangkap mereka di udara dengan helikopter.

3 dari 4 halaman

Jadwal Peluncuran Roket

Neutron akan terbang pada 2024, menurut pengumuman tersebut akan dapat digunakan kembali dan dinilai untuk penerbangan angkasa luar manusia, kata Beck yang berdiri di dalam setengah dari fairing roket masa depan, atau nosecone.

Roket akan diluncurkan dari landasan baru perusahaan di Fasilitas Penerbangan Wallops NASA di Virginia, di mana perusahaan juga berencana untuk meluncurkan misi Elektron di masa depan.

Situs peluncuran utama Rocket Lab, Launch Complex 1, berada di Semenanjung Māhia di Selandia Baru, tempat perusahaan membangun landasan kedua di dekat tempat peluncuran utamanya, sementara situs peluncuran AS diberi nama Launch Complex 2.

Misi Rocket Lab berikutnya, yang disebut "They Go Up So Fast," dijadwalkan diluncurkan dari Selandia Baru akhir bulan ini.

Ini akan membawa tujuh satelit kecil untuk berbagai pelanggan komersial dan pemerintah, termasuk Komando Pertahanan Luar Angkasa dan Rudal Angkatan Darat AS.

Misi tersebut akan menerbangkan pesawat ruang angkasa Photon Pathstone dari Rocket Lab untuk menguji teknologi untuk misi bulan yang akan diluncurkan NASA akhir tahun ini.

Pengumuman Neutron datang saat Rocket Lab bergabung dengan Vector Acquisition Corporation. Ketika kedua perusahaan menyelesaikan pengaturan akhir tahun ini, yang akan menggunakan nama Lab Roket, akan terdaftar di bursa saham Nasdaq, menurut pernyataan dari perusahaan.

 

Reporter: Veronica Gita

4 dari 4 halaman

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.