Sukses

Kasus COVID-19 Melonjak, Filipina Setujui Penggunaan Darurat Vaksin Sputnik

Otoritas kesehatan Filipina menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 Sputnik dari Rusia.

Liputan6.com, Manila - Filipina telah menyetujui vaksin Sputnik V COVID-19 Rusia untuk penggunaan darurat, kata Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) negara itu pada Jumat (19/3), ketika negara Asia Tenggara itu memerangi lonjakan infeksi baru.

Vaksin yang dikembangkan oleh Gamaleya Institute Rusia itu adalah yang keempat yang mendapatkan izin penggunaan darurat di Filipina.

"Manfaat yang diketahui dan potensial dari vaksin Gamaleya Sputnik V ... lebih besar daripada risiko yang diketahui dan potensial dari vaksin tersebut," kata kepala FDA Rolando Enrique Domingo pada konferensi pers, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (19/3/2021). 

Data sementara menunjukkan vaksin Sputnik V dua dosis memiliki kemanjuran 91,6 persen pada kelompok usia 18 tahun ke atas, kata Domingo.

Pada bulan Februari, panel medis di Vietnam merekomendasikan persetujuan vaksin Sputnik V.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

COVID-19 di Filipina

Filipina, yang memiliki jumlah kasus COVID-19 dan kematian tertinggi kedua di Asia Tenggara, menghadapi gelombang infeksi baru, dengan hampir 20.000 kasus baru dilaporkan dalam empat hari terakhir.

Pemerintah berencana untuk meluncurkan 140,5 juta vaksin pada bulan Desember, untuk menyuntik 70 juta orang dewasa dan mencapai kekebalan kawanan untuk pembukaan kembali yang lebih aman dari ekonomi yang dilanda pandemi di negara itu, yang mengalami kontraksi dengan rekor 9,5 persen pada tahun 2020.

Pemerintah setempat meluncurkan program inokulasi pada 1 Maret dan telah menerima pengiriman 1,125 juta dosis vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.