Sukses

NASA Bakal Terbangkan Helikopter Pertama ke Ruang Angkasa Awal April 2021

NASA akan menerbangkan helikopter pertamanya ke ruang angkasa pada awal April.

Liputan6.com, Jakarta - NASA menargetkan Helikopter Mars Ingenuity untuk melakukan upaya pertama pada penerbangan yang dikendalikan di planet lain pada awal April, kata badan antariksa itu pada Selasa (23/3).

Saat ini, pesawat tersebut tetap berada di Perseverance, yang mendarat di Mars pada 18 Februari. Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Rabu (24/3/2021).

Pada hari Minggu, Perseverance menjatuhkan pelindung puing yang melindungi Ingenuity selama pendaratan, dan saat ini sedang menuju ke "lapangan terbang" tempat Ingenuity akan mencoba penerbangannya.

Sesampai di sana, helikopter akan memiliki waktu selama 30 sol Mars, atau sama dengan 31 hari Bumi untuk menjalankan misinya.

"Perkiraan terbaik yang kami miliki saat ini adalah 8 April," untuk penerbangan pertama, kata Bob Balaram, kepala insinyur Helikopter Mars di Laboratorium Propulsi Jet, meskipun dia menambahkan itu bisa menjadi lebih cepat atau lambat dalam beberapa hari.

Balaram mengungkapkan untuk pertama kalinya bahwa Ingenuity membawa sepotong kecil kain yang menutupi salah satu sayap pesawat pertama Wright bersaudara yang mencapai penerbangan bertenaga pertama di Bumi di Kitty Hawk pada tahun 1903, sebagai penghormatan atas pencapaian tersebut.

Penerbangan pertama tersebut akan melibatkan pendakian dengan kecepatan sekitar satu meter per detik ke ketinggian tiga meter, melayang di sana selama 30 detik, lalu turun kembali ke permukaan.

Ingenuity akan mengambil fotografi resolusi tinggi saat terbang.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Makan Biaya hingga 85 Juta USD

Sebelum semua ini terjadi, bagaimanapun, Ingenuity perlu ditempatkan di situs peluncurannya, dan disiapkan, sebuah proses yang akan memakan waktu beberapa hari lagi.

Setelah Perseverance turun dari helikopter, helikopter harus menempuh jarak sekitar lima meter dalam waktu 25 jam agar tidak membayangi Ingenuity.

Itulah jumlah waktu di mana baterai Ingenuity dapat menjalankan pemanas tanpa perlu mengisi ulang melalui panel surya.

Bagian ini sangat penting untuk bertahan dari suhu malam hari yang bisa turun serendah minus 130 derajat Fahrenheit (minus 90 derajat Celcius).

Jika dibiarkan tidak panas, komponen listrik helikopter yang tidak terlindung akan membeku dan retak, kemungkinan besar menggagalkan misi bahkan sebelum dimulai.

Namun jika semuanya berjalan sesuai rencana, Perseverance akan mengambil posisi di kejauhan untuk merekam eksploitasi Ingenuity dengan kameranya sendiri.

Dalam waktu mendatang, hingga lima penerbangan dengan tingkat kesulitan bertahap direncanakan selama sebulan ke depan. 

Pesawat helikopter seberat 1,8 kilogram itu menelan biaya pengembangan NASA sekitar US $ 85 juta, dan dianggap sebagai bukti konsep yang dapat merevolusi eksplorasi luar angkasa.

Setelah Ingenuity, yang berikutnya direncanakan adalah Dragonfly, pendarat helikopter yang akan diluncurkan pada tahun 2026 dan tiba di bulan es Saturnus, Titan pada tahun 2034.