Sukses

Uni Emirat Arab Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan Israel ke-73

Hubungan diplomatik Uni Emirat Arab dan Israel semakin mesra.

Liputan6.com, Tel Aviv - Uni Emirat Arab (UEA) menyambut hari kemerdekaan Israel ke-73. Dirgahayu Israel jatuh pada 14-15 April 2021. 

Ucapan UEA diberikan melalui akun resmi kedutaan besar mereka di Israel. 

"Kedubes UEA di Israel mengucapakan kepada rakyat Israel selama Hari Kemerdekaan ke73. Yom ha’atzmaut sameach," tulis akun @UAEinIsrael pada Kamis 15 April 2021.

Dubes UEA di Israel, Mohamed Al Khaja, juga mengucapkan hari kemerdekaan ke Israel. Ia bertemu Presiden Israel Reven Rivlin.

Al Khaja mengucapkan hari kemerdekaan Israel dalam tiga bahasa: Inggris, Arab, dan Israel.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penentuan Tanggal

Presiden Pertama Israel, David Ben-Guiron, mmebaca teks proklamasi kemerdekaan pada 14 Mei 1948. Akan tetapi, perayaan hari kemerdekaan Israel mengikuti kalender Yahudi.

Hari Kemerdekaan Israel diperingati pada hari kelima dari bulan Iyar.

Kalender Yahudi bersifat lunisolar sehingga dipengaruhi matahari dan bulan. Ini berbeda dari kalender Gregorius yang mengikuti matahari atau kalender Hijriyah yang mengikuti bulan.

Pada tahun ini, Hari Kemerdekaan Israel jatuh pada 14 April, namun tahun lalu pada 28 April 2020, dan tahun depan pada 4 Mei 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.