Sukses

Pasca-Serangan Israel: Takbir Berkumandang di Evakuasi Bocah Ajaib Terkubur Puing 8 Jam

Suzy kecil telah terjebak selama delapan jam setelah rumahnya diserang dalam serangkaian serangan Israel yang menewaskan 42 orang,

Liputan6.com, Gaza - Bocah berusia enam tahun ini dijuluki "anak ajaib" setelah tim penyelamat menemukannya masih hidup di antara puing-puing di Gaza. Padahal ia telah terjebak selama delapan jam.

Menurut laporan The Sun, yang dikutip Rabu (19/5/2021), Suzy Eshkuntana terlihat terisak-isak setelah ditarik dari puing-puing rumahnya yang hancur oleh serangan udara Israel dini hari - yang secara tragis menewaskan ibu dan empat saudara kandungnya.

Rekaman menunjukkan gadis kecil itu, tertutup debu, menangis saat diseret dari bawah reruntuhan sebelum tim penyelamat membawanya ke ambulans.

Suzy kecil telah terjebak selama delapan jam setelah rumah keluarganya diserang dalam serangkaian serangan Israel yang menewaskan 42 orang, termasuk 10 anak-anak, menurut pejabat kesehatan Gaza. Dia dilarikan ke rumah sakit Shifa, lalu dipertemukan dengan ayahnya yang terluka, Riyad Eshkuntana.

Ketika petugas medis mempertemukan ayah dan putrinya di ranjang rumah sakit, dia dengan sedih mengatakan kepadanya: "Maafkan aku, putriku. Kamu berteriak kepadaku untuk datang kepadamu, tetapi aku tak bisa datang."

Riyad mengatakan kepada Reuters tentang cobaan mengerikan yang menewaskan istri dan anak-anaknya: "Saya bisa merasakan langit-langit hancur dan saya tertinggal di bawah reruntuhan.

"Saya mendengar anak saya, Zain memanggil 'ayah, ayah', suaranya baik-baik saja, tetapi saya tidak dapat menoleh untuk melihatnya karena saya terjebak."

Tim penyelamat, polisi, kerabat dan tetangga menggali puing-puing di rumah keluarga Eshkuntana untuk menemukan yang selamat, sambil melafazkan takbir "Allahu Akbar" dengan harapan beberapa korban masih hidup.

Riyad awalnya terlalu lemah untuk meminta bantuan ketika tim penyelamat pertama kali mendekat, sebelum dia berhasil menarik perhatian seseorang setengah jam kemudian.

"Aku dipenuhi dengan semua kemarahan alam semesta, tetapi ketika mendengar salah satu putriku masih hidup, aku mengucapkan terima kasih kepada Tuhan, karena gadis ini mungkin memiliki sebagian, bahkan sedikit dari senyuman putri saya yang lain," kata ayah yang berduka itu.

Menurut militer, rumah keluarga itu berada di area yang sama dengan sistem terowongan militan di Gaza dan runtuhnya terowongan menyebabkan rumah-rumah tersebut runtuh.

Petugas medis mengatakan Suzy mengalami memar, tetapi tidak mengalami luka parah.

Kementerian Kesehatan Gaza telah menyebutkan jumlah korban tewas sejak kekerasan meletus mencapai 197 - termasuk 58 anak dan 34 wanita.

Namun Israel bersikeras bahwa mereka hanya menargetkan Hamas - dan Angkatan Udara negara itu mengklaim sekitar lebih dari 2.800 roket telah ditembakkan dari Jalur Gaza ke Israel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Israel Menyalahkan Kelompok Teroris

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyalahkan kelompok teroris tersebut atas kematian orang-orang Palestina, mengatakan kepada CBS: "Alasan kami memiliki korban ini adalah karena Hamas secara kriminal menyerang kami dari lingkungan sipil."

Tapi Hamas membalas dengan mengatakan serangan itu adalah "pembunuhan yang telah direncanakan sebelumnya".

Sepuluh orang - termasuk dua anak - telah tewas di Israel di tengah serangan roket yang dikirim melalui langit.

Sementara itu, warga Israel bergegas ke "ruang aman" dan tempat berlindung untuk berlindung ketika Hamas dan kelompok militan lainnya menembakkan ribuan roket ke Israel sejak Senin 10 Mei.

Ketegangan atas tempat suci di Yerusalem dan ancaman penggusuran puluhan keluarga Palestina telah memicu pertempuran sengit antara kedua wilayah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.