Sukses

4 Juli 1997: Wahana Penjelajah Antariksa Pathfinder NASA Mendarat di Mars

Setelah menempuh perjalanan 120 juta mil dalam tujuh bulan, wahana antariksa Pathfinder milik NASA menjadi pesawat ruang angkasa AS pertama yang mendarat di Mars dalam lebih dari dua dekade.

Liputan6.com, D.C - Setelah menempuh perjalanan 120 juta mil dalam tujuh bulan, wahana antariksa Pathfinder milik NASA menjadi pesawat ruang angkasa AS pertama yang mendarat di Mars dalam lebih dari dua dekade.

Dalam prosedur pendaratan yang cerdik dan hemat biaya, Pathfinder menggunakan parasut untuk memperlambat pendekatannya ke permukaan Mars dan kemudian mengerahkan kantung udara untuk menahan dampaknya.

Mendarat pertama kali di Vallis pada 40 mil per jam, pesawat ruang angkasa itu sempat memantul tinggi ke atmosfer Mars 16 kali sebelum akhirnya benar-benar aman mendarat.

Pada 5 Juli, pendarat Pathfinder berganti nama menjadi Stasiun Peringatan Sagan untuk menghormati mendiang astronom Amerika Carl Sagan, dan keesokan harinya Sojourner, rover antarplanet remote-control pertama, meluncur keluar dari stasiun.

Soujourner, yang menempuh jarak total 171 kaki selama misi 30 hari, mengirim kembali banyak informasi tentang komponen kimia batuan dan tanah di daerah tersebut. Selain itu, hampir 10.000 gambar lanskap Mars diambil.

Misi Mars Pathfinder, yang bernilai US$ 150 juta, dipuji sebagai kemenangan bagi NASA.

 

2 dari 2 halaman

Temuan dan Hasil Analisis dari Pathfinder di Mars

Pathfinder mengirim lebih dari 2,3 miliar bit (287,5 megabita) informasi termasuk 16.500 gambar dan membuat 8,5 juta pengukuran tekanan atmosfer, suhu dan kecepatan angin.

Dengan mengambil beberapa gambar langit pada jarak yang berbeda dari Matahari, para ilmuwan dapat menentukan bahwa ukuran partikel dalam kabut merah muda adalah sekitar satu mikrometer dalam radius.

Warna beberapa tanah mirip dengan fase oksindroksida besi yang akan mendukung teori iklim yang lebih hangat dan lebih basah di masa lalu di Mars.

Pathfinder membawa serangkaian magnet untuk memeriksa komponen magnetik debu. Akhirnya, semua kecuali salah satu magnet mengembangkan lapisan debu.

Karena magnet terlemah tidak menarik tanah apa pun, disimpulkan bahwa debu udara tidak mengandung magnetit murni atau hanya satu jenis maghemite.

Menggunakan instrumen yang jauh lebih canggih, Mars Spirit rover menemukan bahwa magnetit dapat menjelaskan sifat magnetis debu dan tanah di Mars. Magnetit ditemukan di tanah dan bahwa bagian paling magnetik dari tanah itu gelap.