Sukses

Indonesia Week Festival 2021: Hadirkan Sekitar 83 Produk Tanah Air di Jeddah

KJRI Jeddah mengajak para YouTuber yang memiliki lebih dari 400 ribu subscribers.

Liputan6.com, Jeddah - Guna menyemarakkan festival promosi produk Indonesia menjelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76, Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah menggandeng YouTuber WNI.

Kegiatan dihadiri oleh para YouTuber dari Thaif, Mekkah dan Jeddah. Mereka diajak berkolaborasi untuk meliput peluncuran program "Amazing Asean". Acara berlangsung mulai dari 4 hingga 10 Agustus di LuLu Hypermarket. Sedangkan, Indonesia Week Festival 2021 digelar sejak 29 Juli sampai 11 Agustus di Sarawat Superstores.

Saat pembukaan acara pada 5 Agustus 2021, Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Eko Hartono menyampaikan hadirnya para YouTuber yang juga bersemangat untuk meliput acara ini. Beliau menjelaskan ini menjadi salah satu upaya untuk mempromosi produk Indonesia.

Berdasarkan laporan dari KJRI Jeddah yang diterima pada Minggu, 8 Agustus 2021, KJRI Jeddah mencatat dalam event sekitar 83 jenis produk Indonesia dipajang di Sarawat.

Harapan Konjen Eko Hartono adalah promosi produk-produk dari Indonesia semakin diperkuat. Salah satunya melalui penguatan kerja sama dengan Sarawat Superstores. Konjen menegaskan produk-produk Indonesia memiliki kualitas dan harga yang kompetitif dibanding dengan produk serupa dari negara lain.

“Kami mengapresiasi dukungan dari manajemen Sarawat dan kolega kami dari negara-negara ASEAN. Harapan kami ke depan lebih banyak lagi produk Indonesia yang dipasarkan melalui Sarawat Superstores. Kami tahu Sarawat menjadi jujukan para ekspatriat dari Filipina, Indonesia dan negara ASEAN lainnya untuk berbelanja barang kebutuhan,” tambahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Para YouTuber Ikut Bangga

Di sisi lain, para pegiat media sosial menyatakan merasa terhormat dilibatkan dalam ajang promosi produk-produk Indonesia oleh KJRI Jeddah, terlebih karena dikaitkan dengan peringatan HUT RI ke-76.

“Saya merasa bangga dapat berkontribusi menjadi bagian untuk mempromosikan produk negara kita Indonesia di HUT RI ke-76. Semoga ke depannya produk negara kita lebih dikenal, bukan hanya oleh warga Arab Saudi, tapi juga negara-negara yg lain,” tutur Muhammad Sofy, pemilik Akun Muhammad Sofi AW (verified) yang memiliki lebih dari 400 ribu subscribers di YouTube.

Kemudian, YouTuber Muhammad Sopawie menyatakan ikut bangga sebagai WNI di Arab Saudi mendapat kesempatan meliput event promosi ini.

“Saya sangat senang sebagai WNI dilibatkan, dan saya juga terpanggil untuk ikut mengenalkan produk Indonesia demi kemajuan ekonomi kita,” ujar pemilik akun Mas Awiee (verified) yang juga memiliki lebih dari 400 ribu subscribers di YouTube.

Untuk ke depannya, KJRI Jeddah akan terus memanfaatkan segenap potensi dari kalangan masyarakat untuk turut mendukung berbagai event promosi di berbagai bidang, khususnya di bidang ekonomi agar produk-produk Indonesia semakin dikenal dan diserap pasar Arab Saudi.

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.