Sukses

Rampung Tarik Pasukan, AS Pindahkan Misi Diplomatik di Kabul Afghanistan ke Qatar

AS telah menangguhkan misi diplomatiknya di Kabul, Afghanistan dan mengalihkan operasinya ke Qatar. "Misi militer telah berakhir; misi diplomatik baru telah dimulai," kata Menlu AS.

Liputan6.com, Kabul - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan bahwa AS telah menangguhkan kehadiran misi diplomatiknya di Kabul, Afghanistan pada Senin (30/8) dan mengalihkan operasinya ke Qatar.

Hal itu ia sampaikan hanya beberapa jam setelah penerbangan evakuasi terakhir AS meninggalkan Kabul.

Blinken menuturkan, legitimasi dan dukungan AS terhadap Taliban di Afghanistan perlu diusahakan oleh mereka sendiri.

"AS mengharapkan Taliban untuk memenuhi komitmen mereka sekarang karena pasukan AS telah ditarik keluar dari Afghanistan, tetapi legitimasi atau dukungan apa pun perlu diperoleh dengan usaha," kata Blinken seperti dikutip dari AFP, Selasa (31/8/2021).

"Pasukan kami telah meninggalkan Afghanistan," kata Blinken. "Babak baru keterlibatan AS dengan Afghanistan telah dimulai," Lanjutnya.

"Itu salah satu di mana kita akan memimpin dengan diplomasi kita. Misi militer telah berakhir; misi diplomatik baru telah dimulai," pungkasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AS Tetap Berkomitmen Bantu Warga Tinggalkan Afghanistan

Selain itu, Blinken mengatakan AS berkomitmen untuk membantu setiap warganya yang ingin meninggalkan Afghanistan.

Dia mengatakan sejumlah kecil warga AS tetap berada di negara itu - yang berjumlah "di bawah 200" orang tetapi kemungkinan hanya 100 yang ingin pergi.

Blinken mengatakan Taliban perlu memenuhi komitmen mereka untuk memberikan kebebasan bepergian, menghormati hak-hak perempuan dan minoritas serta tidak membiarkan Afghanistan menjadi basis terorisme.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.