Sukses

Terima 500 Ribu Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Indonesia Terus Perkokoh Kemitraan dengan Australia

Indonesia telah menerima kedatangan vaksin COVID-19 tahap ke- 48.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia telah menerima kedatangan vaksin COVID-19 tahap ke-48 pada Kamis sore (2/9).

Vaksin yang datang itu adalah 500 ribu dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca.

"Alhamdulillah sore hari ini kita kembali menerima kedatangan vaksin AstraZeneca sebanyak 500 ribu dosis vaksin yang merupakan dose sharing yang diperoleh dari pemerintah Australia," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dalam acara penyambutan kedatangan vaksin COVID-19 tahap 48 - disiarkan langsung di Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (2/9/2021).

Kedatangan vaksin AstraZeneca ini merupakan pengiriman tahap pertama dari rencana pemerintah Australia untuk memberikan dukungan 2,5 juta dosis vaksin pada tahun 2021 bagi masyarakat Indonesia melalui mekanisme bilateral, jelas Menlu Retno.

 "Atas nama pemerintah Indonesia, saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Australia atas dukungan kerja sama penanganan COVID-19," tuturnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Pengadaan Vaksin COVID-19 dari Australia

"Selain itu, pemerintah Australia juga telah berkomitmen untuk memberikan dukungan pengadaan vaksin bagi Indonesia senilai 77,1 juta dolar Australia yang akan disalurkan melalui UNICEF," lanjut Menlu Retno.

Ditambahkannya juga bahwa, dukungan kerja sama vaksin ini pun merupakan salah satu topik bahasan dalam komunikasi Menlu Retno dengan Menlu Australia Marise Payne.

"Guna terus memperkokoh kemitraan strategis dan komprehensif antara kedua negara yang dibentuk pada tahun 2018, Australia dan Indonesia berencana untuk melakukan pertemuan two plus two dalam waktu dekat," beber Menlu Retno.

"Pertemuan two plus two ini adalah pertemuan antara menteri luar negeri dan menteri pertahanan - dalam hal ini adalah antara Indonesia dan Australia," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini