Sukses

Arti Huruf 'K' yang Biasa Kamu Temukan di Akhir Harga Menu

Begini arti huruf K yang biasanya suka ada di akhir angka di buku menu.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kalian tahu arti dari huruf "K" di akhir buku menu?

Setiap datang ke sebuah restoran, kafe, atau pusat perbelanjaan, pastinya tak jarang kita melihat sebuah harga dengan akhir penulisan yang ditulis dengan satuan "K". Seperti susu seharga 10K, atau peralatan dapur seharga 80K.

Selain itu, media sosial juga ada huruf K untuk menyatakan jumlah follower atau like yang berkisar ribuan, jadi huruf K tidak selalu mematok pada harga maupun uang saja.

Tapi sudahkah Anda tahu, apa sebenernya arti huruf "K" yang biasa terletak di akhir penulisan sebuah harga atau media sosial?

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dari Yunani

Dilansir Merriam-Webster, (11/10/2021), Huruf K memiliki arti 'ribu' yang berasal dari bahasa Yunani (Greek/Greece). Aslinya kata tersebut ditulis "χίλιοι" atau dibawa "cilia"/cilo".

Kilo merupakan unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités). Dalam tingkatannya, kilo sama dengan 1.000 gram dan 1.000 meter.

Yang mengadaptasi istilah ini pertama kali dibawa oleh grup riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975. Kemudian diperkenalkan oleh sistem metrik perancis pada tahun 1979. Kemudian sistem perhitungan ini mulai banyak yang mengadopsinya hingga sekarang.

Pada tahun 1945, terdapat catatan dalam glosarium buku teks Basic Electrical Engineering terbitan McGraw-Hill's yang menyatakan bahwa "K" sebagai ribu.

Jadi penggunaan "K" untuk menyingkat kata 'ribu' sudah mulai dipakai dan diluaskan sejak tahun 1940-an. Bahkan sampai saat ini kita bisa sering menemukannya pada sebuah harga barang dan jumlah pengikut di akun media sosial.

Penulis : Azarine Natazia

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini