Sukses

2 Minggu Pencarian, Balita Hilang Saat Kemah dan Bikin Geger Australia Ditemukan

Ditemukannya anak peremupuan 4 tahun yang menghilang dari tenda keluarganya memicu kegembiaraan untuk Australia.

Liputan6.com, Canberra - Sosok balita di Australia yang hilang saat berkemah dan ditemukan setelah dua pekan tengah jadi sorotan.

Seorang anak perempuan berusia 4 tahun di Australia itu ditemukan dalam keadaan hidup dan baik-baik saja pada hari Rabu, ujar polisi. Insiden ini memicu kegembiraan bagi warga Australia mengikuti kabar anak itu menghilang lebih dari dua minggu dari tenda keluarganya selama berkemah.

Dilansir dari laman France24, Rabu (3/11/2021), Cleo Smith ditemukan setelah polisi memaksa masuk ke sebuah rumah yang terkunci di kota pesisir Carnarvon, tidak jauh dari tempat ia terakhir dilihat 18 hari lalu, kata polisi Australia Barat dalam sebuah pernyataan yang diunggah ke Facebook.

"Salah satu petugas mengangkatnya ke dalam pelukannya dan bertanya padanya 'siapa namamu?'," kata wakil komisaris polisi Col Blanch dalam pernyataan itu.

“Ia berkata – ‘Nama saya Cleo’.”

Polisi menahan seorang pria dari Carnarvon untuk diinterogasi setelah membobol rumah tersebut sekitar pukul 01:00 waktu setempat, kata Blanch.

Anak itu bertemu kembali dengan orang tuanya beberapa saat kemudian. Ibunya, Ellie, mengungkap kelegaannya di media sosial.

“Keluarga kami utuh kembali," unggahnya di Instagram dengan foto Cleo terpampang diatas.

Reuni itu terjadi setelah pencarian udara, laut dan darat yang ekstensif dan menarik perhatian nasional. Banyak warga Australia ikut membagikan kegembiraan mereka di sosial media.

"Ini adalah hasil yang kita semua harapkan dan doakan," kata Blanch.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Menginterogasi Pria yang Membobol Rumah

Komisaris polisi Australia Barat, Chris Dawson, mengatakan bahwa petugas sedang menginterogasi seorang pria 36 tahun yang tidak memiliki hubungan dengan keluarga Cleo.

Tidak ada rincian lebih lanjut tentang penculikan Cleo atau bagaimana ia dilacak.

Penyelidik bertekad bahwa mereka akan melakukan apapun untuk yang dimungkinkan untuk menyelesaikan masalah, bahkan jika penyelidikan berkepanjangan, kata Dawson.

"Kami telah mengikuti banyak petunjuk forensik dan itu membawa kami ke rumah tertentu," katanya kepada radio ABC. "Kami mengerahkan semua yang kami miliki untuk itu."

"Harapan tidak pernah hilang dan fakta bahwa ia ditemukan hidup, saya pikir Australia bersukacita. Ini adalah hasil yang luar biasa.”

Bulan lalu, polisi telah menawarkan 1 juta dollar Australia (10 miliar rupiah) untuk informasi yang mengarah pada penemuan Cleo setelah ia dikhawatirkan telah diculik dari tenda keluarganya di perkemahan Blowholes yang terpencil - sekitar 1.000 kilometer (600 mil) utara Perth - pada 16 Oktober.

Inspektur Detektif Rod Wilde mengatakan pada saat itu bahwa penyelidikan "membuat kami percaya bahwa ia diculik dari tenda”, dan bahwa pihak berwenang memiliki alasan untuk mengkhawatirkan keselamatannya.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.