Sukses

Berkat Sinyal Gerakan Tangan Minta Bantuan Ala Tik Tok, Remaja yang Hilang Diselamatkan

Seorang remaja North Carolina yang hilang diselamatkan setelah belajar gerakan tangan tanda bahaya di TikTok.

Liputan6.com, Kentucky - Seorang remaja yang hilang dari North Carolina diselamatkan oleh polisi Kentucky, setelah dia memberi isyarat untuk meminta bantuan dengan menggunakan gerakan tangan yang dikenal di TikTok untuk mewakili kekerasan di rumah, menurut polisi.

Gadis berusia 16 tahun dari Asheville, North Carolina itu dilaporkan hilang oleh orangtuanya pada Selasa, 2 November lalu. Laporan kehilangan ini didokumentasikan oleh Kantor Sheriff Kabupaten Laurel di Kentucky.

Dilansir CNN, Senin (8/11/2021), pada Kamis 4 November, pengendara di Kentucky menelpon 911 untuk melaporkan melihat seorang gadis yang terlihat kesulitan di dalam kendaraan di jalan raya.

"Penggugat berada di belakang kendaraan dan melihat seorang penumpang wanita di dalam kendaraan membuat gerakan tangan yang dikenal di platform media sosial TikTok untuk mewakili kekerasan di rumah - saya butuh bantuan - kekerasan dalam rumah tangga," bunyi pernyataan yang diunggah pada Jumat, 5 November oleh Kantor Sheriff Laurel County.

Menurut Canadian Women's Foundation, gerakan tangan tersebut berupa gerakan menggunakan satu tangan yang digunakan seseorang saat dalam kesulitan. Seseorang yang menggunakan isyarat itu mengangkat tangan mereka dengan telapak menghadap ke luar, lalu memasukkan ibu jari ke tangan mereka dan kemudian menutup jari-jari menyelimuti ibu jari.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belajar dari TikTok

Kepada stasiun TV WYMT, polisi mengatakan bahwa remaja tersebut mempelajari gerakan tangan itu di TikTok. Orang yang menelepon 911 tetap berada di belakang kendaraan sejauh tujuh mil untuk menyampaikan informasi kepada polisi. Tak lama, polisi berhasil menepikan mobil dan menyelamatkan remaja tersebut.

Tersangka awalnya membawa remaja itu dari North Carolina ke Ohio, tempat kerabatnya, kata polisi. Mereka meninggalkan Ohio begitu kerabatnya mengetahui remaja tersebut masih di bawah umur dan dilaporkan menghilang.

"Kami tidak tahu berapa lama [mobil itu] turun dari jalan tol Ohio dan dia telah melakukan ini kepada pengendara lain dengan harapan mereka akan memerhatikan bahwa dia dalam kesulitan, tetapi akhirnya seseorang mengenalinya," kata Wakil Sheriff Laurel County, Gilbert Acciardo kepada WYMT.

Polisi menangkap pria tersebut pada Kamis, 4 November dan mendakwanya dengan pelanggaran penahanan dan tuduhan atas kepemilikan masalah kinerja seks oleh anak di bawah umur (di atas 12 tahun tetapi di bawah 18 tahun).

 

 

Penulis: Anastasia Merlinda

3 dari 3 halaman

Infografis Tips Aman Naik Ojek Online Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.