Sukses

Singapura Beri Lampu Hijau Vaksinasi COVID-19 untuk Anak-Anak, Pakai Pfizer

Singapura telah memberikan otorisasi vaksin PFIZER-BioNTech/ Comirnaty COVID-19 untuk digunakan pada anak-anak berusia antara lima dan 11 tahun.

Liputan6.com, Singapura - Singapura telah memberikan otorisasi vaksin PFIZER-BioNTech/ Comirnaty COVID-19 untuk digunakan pada anak-anak berusia antara lima dan 11 tahun, dengan suntikan akan dimulai sebelum akhir tahun.

"Vaksinasi harus diberikan sebagai seri primer dua dosis, 21 hari terpisah, tetapi diberikan pada dosis yang lebih rendah (10 mikrogram) daripada yang digunakan untuk individu berusia 12 tahun ke atas (30 mikrogram)," kata badan kesehatan Singapura (HSA) dalam rilis berita pada Jumat 10 Desember 2021, dikutip dari CNA (11/12/2021).

Ini adalah pertama kalinya vaksin COVID-19 diberi wewenang di Singapura untuk digunakan dalam kelompok usia lima hingga 11 tahun.

"HSA telah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap data dengan berkonsultasi dengan dua kelompok ahli dari Komite Penasihat Obat HSA dan Panel Ahli Penyakit Menular," kata badan itu.

"Berdasarkan data yang tersedia saat ini, manfaatnya melebihi risiko untuk digunakan pada populasi muda, dan vaksin memenuhi standar kualitas, keamanan dan kemanjuran."

Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) mengatakan bahwa gugus tugas multi-kementerian telah menerima rekomendasi oleh Komite Ahli Vaksinasi COVID-19 untuk menggunakan dosis pediatrik vaksin PFIZER-BioNTech / Comirnaty COVID-19 untuk anak-anak berusia antara lima dan 11 tahun.

Komite juga menilai bahwa manfaat suntikan lebih besar daripada risiko ketika digunakan dalam dosis pediatrik untuk anak-anak berusia lima hingga 11 tahun, "terutama mengingat transmisi komunitas yang sedang berlangsung dan munculnya varian Omicron", kata MOH.

"Vaksinasi untuk kelompok ini akan dimulai sebelum akhir tahun ini, dan setelah kami menerima pengiriman dosis vaksin," tambah kementerian itu.

Efek samping yang umum pada anak-anak yang menerima vaksin umumnya ringan hingga sedang, kata Komite Ahli. Anak-anak dalam kelompok usia ini juga memiliki efek samping sistemik yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang berusia antara 16 dan 25 tahun.

HSA mengatakan bahwa Pfizer-BioNTech harus terus memberikan informasi tentang keamanan dan kemanjuran vaksin di antara anak-anak yang lebih muda ini.

MOH mengatakan bahwa perjanjian pasokan baru dengan Pfizer-BioNTech untuk vaksin telah ditandatangani, dan kementerian mengharapkan pengiriman tiba sebelum akhir Desember.

"MOH akan bekerja dengan Kementerian Pendidikan (MOE) dan Badan Pengembangan Anak Usia Dini (ECDA) untuk meluncurkan vaksinasi untuk kelompok usia yang akan sekolah ini," katanya, menambahkan bahwa rincian lebih lanjut akan diumumkan oleh MOE dan ECDA segera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus COVID-19 pada Populasi Anak di Singapura Meningkat

Secara terpisah, Komite Ahli mengatakan bahwa penting untuk memvaksinasi anak-anak untuk mengurangi risiko infeksi dan mencegah mereka terkena penyakit yang parah.

"Kejadian COVID-19 pada anak-anak telah meningkat seiring dengan kejadian kasus masyarakat," kata komite itu dalam sebuah pernyataan, yang juga dirilis Jumat malam.

"Meskipun anak-anak memiliki risiko rendah terkena penyakit parah, beberapa dari mereka yang terinfeksi COVID-19 telah mengembangkan penyakit yang mengancam jiwa dan komplikasi akhir yang parah, seperti MIS-C (sindrom inflamasi multi-sistem pada anak-anak), dan perawatan yang diperlukan di unit perawatan intensif (ICU).

"Anak-anak juga menghabiskan banyak waktu dalam pengaturan komunal (seperti sekolah dan prasekolah), di mana terlepas dari upaya terbaik kami, penularan dapat menyebar dengan cepat di antara anak-anak saat mereka berinteraksi. Ini pada gilirannya juga menempatkan anggota keluarga dalam risiko, terutama anggota rumah tangga lanjut usia. "

Komite mengatakan bahwa hasil uji klinis Fase 3 untuk dosis pediatrik vaksin Pfizer-BioNTech / Comirnaty pada anak-anak antara lima dan 11 menunjukkan sekitar 90 persen pengurangan risiko infeksi simtomatik. Data tersebut diserahkan kepada otoritas Amerika Serikat dan HSA.

"Karena kasus infeksi COVID-19 dalam uji klinis terjadi dari Juli hingga Agustus 2021, ketika varian Delta sudah dominan di AS, hasil ini mencerminkan kemanjuran vaksin terhadap varian Delta," tambah komite itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini