Sukses

Jerman Perketat Aturan COVID-19 Jelang Perayaan Tahun Baru

Pemerintah Jerman memperketat aturan COVID-19 sebelum tahun baru untuk mencegah penyebaran Varian Omicron.

Liputan6.com, Berlin - Jerman akan memperkenalkan langkah-langkah baru untuk mengekang penyebaran COVID-19 sebelum Malam Tahun Baru, termasuk membatasi pertemuan pribadi untuk orang yang divaksinasi hingga maksimum 10 orang, kata Kanselir Olaf Scholz.

Berhenti jauh dari lockdown nasional, Scholz juga setuju dengan perdana menteri dari 16 negara bagian Jerman untuk menutup klub dan diskotik dan hanya mengizinkan acara besar, termasuk pertandingan sepak bola, tanpa penonton. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (22/12/2021).

"Kita tidak bisa dan tidak boleh menutup mata terhadap gelombang berikutnya," kata Scholz kepada wartawan setelah pembicaraan.

"Corona tidak akan mengambil istirahat Natal," katanya, menambahkan hanya beberapa minggu sebelum varian Omicron menjadi dominan di Jerman.

Jerman juga akan meningkatkan kampanye vaksinasi booster.

Sekitar 70,4 persen dari populasi Jerman yang berjumlah sekitar 83 juta telah divaksinasi lengkap dengan 32,6 persen telah menerima suntikan booster.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Aturan Perjalanan Diperketat

Institut Robert Koch (RKI) untuk penyakit menular telah merekomendasikan tindakan yang lebih ketat, termasuk memperkenalkan "pembatasan kontak maksimum" segera dan membatasi perjalanan untuk apa yang benar-benar diperlukan.

Kota Hamburg telah memberlakukan pembatasan mulai 24 Desember.

Restoran dan bar harus tutup sebelum pukul 11 malam. Jam malam akan dimulai pukul 01:00 untuk Malam Tahun Baru.

RKI melaporkan 23.428 infeksi baru pada hari Selasa, dan 462 kematian, menjadikan total Jerman menjadi 108.814. 

3 dari 3 halaman

Infografis Omicron Menyebar dari Afrika Selatan:

  • Jerman merupakan salah satu negara federasi yang terdapat di Eropa
    Jerman merupakan salah satu negara federasi yang terdapat di Eropa

    Jerman

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    Omicron Covid

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • virus corona