Sukses

Banjir Brasil Rendam Nyaris 40 Kota, 18 Orang Tewas

Banjir brasil telah mempengaruhi hampir 40 kota di seluruh negara bagian Bahia.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Musibah banjir juga tengah dialami oleh Brasil, di Amerika Selatan. Sejumlah orang dilaporkan tewas dalam peristiwa tersebut.

"Banjir besar telah menewaskan sedikitnya 18 orang dan lebih dari 280 orang terluka di wilayah timur laut Brasil," kata para pejabat seperti dikutip dari CNN, Senin (27/12/2021)

Banjir Brasil telah mempengaruhi hampir 40 kota di seluruh negara bagian Bahia, Gubernur Rui Costa mengatakan kepada wartawan di kota Ilheus, salah satu yang paling parah dilanda banjir.

"Ini adalah tragedi besar. Saya tidak ingat pernah melihat hal seperti ini dalam sejarah Bahia baru-baru ini, mengingat jumlah kota dan rumah yang terlibat. Ini benar-benar menakutkan, ada begitu banyak rumah dan jalan yang benar-benar terendam air," kata Costa.

Lebih dari 35.000 orang telah dipaksa meninggalkan rumah mereka, menurut badan pertahanan dan perlindungan sipil Bahia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Banjir Dipicu Bendungan Jebol

Di kota Itambe, hujan lebat menyebabkan bendungan jebol pada Sabtu  25 Desember 2021 malam, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan lebih banyak banjir.

Badan meteorologi dan pemantauan bencana alam Brasil memperingatkan ada risiko banjir dan tanah longsor tambahan di Bahia, dengan kemungkinan hujan berlanjut hingga setidaknya Selasa, menurut Agencia Brasil.

Ahli meteorologi CNN Robert Shackelford mengatakan Institut Meteorologi Nasional Brasil telah mengeluarkan peringatan hujan lebat untuk hampir semua Bahia. Kondisi diperkirakan membaik di negara bagian itu Senin dan Selasa, katanya.

"Curah hujan yang meluas selama 48 jam ke depan sedikit membaik, dengan sebagian besar negara bagian melihat hingga 50 mm, tetapi ada daerah lokal dan terisolasi di mana hingga 100 mm dimungkinkan."

Sebagian besar kota-kota besar yang dilanda banjir berada di musim hujan, jadi hujan bukanlah hal yang aneh, kata Shackelford.

"Untuk Itambé, Desember adalah bulan terbasah mereka, di mana mereka mendapatkan curah hujan sekitar 120 mm untuk bulan Desember. Jadi mereka diperkirakan mendapatkan sekitar dua pertiga bulan curah hujan sepanjang acara ini," katanya.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron