Sukses

Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin 2022 Banjir Keluhan dari Para Atlet

Para atlet mengeluhkan penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2022.

Liputan6.com, Beijing - Para atlet telah menyerang penyelenggara Olimpiade, dengan keluhan tentang kondisi pembekuan dan aturan karantina yang mengalir.

Dikutip dari laman BBC, Selasa (8/2/2022), Beijing memulai Olimpiade Musim Dingin empat hari lalu, menjanjikan penyelenggaraannya akan aman dan sebaik mungkin.

Beberapa memuji upaya China untuk memastikan Olimpiade yang relatif bebas virus.

Tetapi beberapa peserta mengatakan mereka tinggal dan berlatih dalam kondisi yang menyedihkan, mendorong mereka untuk melobi penyelenggara untuk memperbaiki diri.

Delegasi Swedia menyerukan agar acara ski lintas alam diadakan pada hari sebelumnya untuk melindungi atlet dari suhu beku - setelah atlet Swedia Frida Karlsson terlihat gemetar dan hampir pingsan di akhir skiathlon 7,5km+7,5km putri pada hari Sabtu.

Di bawah aturan Federasi Ski Internasional, kompetisi tidak diperbolehkan berlangsung saat suhu turun di bawah -20C (-4F).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Banyak Atlet Positif COVID-19

Sejumlah kasus Covid-19 - termasuk atlet dan ofisial tim - telah dilaporkan di Olimpiade, dengan frustrasi meluap-luap atas kebingungan seputar aturan isolasi Covid.

China telah berusaha keras untuk mencegah penyebaran virus dengan melarang penonton asing dan melarang penjualan tiket ke masyarakat umum. 

Media, atlet, dan pengamat ditempatkan di "area khusus" yang berbeda, dengan aturan mengatakan siapa pun yang memasuki gelembung ini harus divaksinasi sepenuhnya atau menghabiskan 21 hari di karantina.

Aturan China menetapkan mereka yang memiliki gejala akan dibawa ke rumah sakit yang ditunjuk dan mereka yang tidak menunjukkan gejala akan tinggal di fasilitas isolasi.

Mereka yang terinfeksi akan diisolasi sampai hasil tes negatif dua kali dalam 24 jam. Setelah itu, mereka akan dilepaskan untuk bergabung kembali dengan kelompok lainnya.

3 dari 4 halaman

Keluhan Atlet

Awal pekan lalu, pembalap Belgia Kim Meylemans memposting akun menangis di Instagram, menuduh bahwa dia telah terpental dari satu fasilitas isolasi ke fasilitas isolasi lainnya.

"Kami bahkan tidak yakin saya akan diizinkan kembali ke desa [Olimpiade]," katanya dalam sebuah video. 

"Saya tidak yakin saya bisa menjalani isolasi 14 hari lagi dan kompetisi Olimpiade saat berada dalam isolasi ini."

IOC kemudian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia akan diberikan sebuah kamar di Desa Olimpiade dan itu "siap untuk mendukung [dia]".

Sementara itu, atlet Polandia Natalia Maliszewska juga mengklaim dia tiba-tiba dibebaskan dari karantina pada malam sebelum balapan kualifikasi, hanya untuk dikirim kembali ke isolasi beberapa jam sebelum berkompetisi, setelah dinyatakan positif COVID-19.

"Saya tidak percaya pada apa pun lagi. Tidak ada tes. Tidak ada permainan. Ini lelucon besar bagi saya," tulisnya di Twitter dalam bahasa Polandia, menurut salah satu terjemahan.

Secara terpisah, pesaing biathlon Rusia Valeria Vasnetsova mengungkapkan rasa frustrasinya dengan makanan yang disediakan secara terpisah. Ia memposting di Instagram dengan tulisan "sarapan, makan siang, dan makan malam selama lima hari".

4 dari 4 halaman

Infografis Strategi Halang Covid-19 Demi Olimpiade Beijing 2022: