Sukses

Hujan Lebat dan Berpotensi Banjir, Warga Sydney Bersiap Dievakuasi

Perintah untuk melakukan evakuasi bagi warga Sydney sebelum terjadi banjir.

Liputan6.com, Sydney - Pihak berwenang Australia pada Kamis (3 Maret 2022) mengeluarkan perintah evakuasi baru untuk ribuan penduduk Sydney setelah hujan lebat memicu banjir bandang di kota terbesar Australia, dengan para pejabat memperingatkan akan datangnya hal yang lebih buruk.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu (3/3/2022), pantai timur negara itu telah dihantam oleh sistem cuaca buruk yang telah memutus seluruh kota dan menenggelamkan ratusan rumah dan pertanian saat bergerak ke selatan dari negara bagian Queensland selama seminggu terakhir. 

Sebagian area Sydney dan beberapa wilayah tetangga diperkirakan akan diguyur hujan selama satu bulan pada hari Kamis.

"Kami percaya bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik," kata Perdana Menteri New South Wales Dominic Perrottet selama konferensi pers pada hari Kamis, ketika ia menandai sekitar setengah juta orang di negara bagian itu akan terpengaruh oleh perintah dan peringatan evakuasi.

"Banyak orang bangun hari ini untuk melihat sebagian besar negara bagian kita terendam air. Ini adalah malam yang sangat sulit." 

Puluhan ribu warga Sydney sudah diperintahkan mengungsi pada Rabu tengah malam.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Potensi Banjir

Perrottet mengatakan banjir kemungkinan akan lebih buruk di banyak tempat daripada tahun lalu, yang merupakan yang terburuk dalam 60 tahun.

Beberapa daerah di barat kota menerima sekitar 100 mm hujan selama 24 jam terakhir dan biro cuaca mengatakan lebih banyak lagi sedang dalam perjalanan dengan beberapa tempat untuk mendapatkan hingga 200 mm pada hari Kamis. 

Curah hujan rata-rata bulan Maret di Sydney, rumah bagi lebih dari 5 juta orang, adalah sekitar 140mm.

"Jika Anda diminta untuk meninggalkan rumah Anda, mohon lakukan itu, tolong jangan membahayakan diri Anda atau keluarga Anda," kata Menteri Layanan Darurat NSW Stephanie Cooke. 

Kru darurat telah menerima lebih dari 1.400 panggilan di Sydney dan melakukan banyak permintaan penyelamatan banjir.

3 dari 3 halaman

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19:

Video Terkini