Sukses

Rusia Kirim 30 Ton Bantuan ke Warga Perbatasan Ukraina

Bantuan dari Rusia termasuk ikan dan sereal yang dikirim ke warga perbatasan Ukraina.

Liputan6.com, Kharkiv - Pemerintah Rusia mengirim lebih dari 30 ton bantuan kemanusiaan kepada warga Ukraina. Bantuan itu banyak terdiri atas makanan.

Dikutip dari situs pemerintah Rusia, TASS, Minggu (3/6/2022), bantuan dikirim dari daerah Belgorod yang merupakan daerah Rusia yang berbatasan dengan Ukraina. Target bantuan adalah warga Ukraina di daerah Kharkiv yang tinggal di perbatasan.

"Bantuan kemanusiaan dengan total lebih dari 30 ton telah dikirimkan ke Volchansk dan Cossack Lopan dari daerah Belgorod yang berbatasan atas permintaan populasi lokal," tulis pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Makanan yang dikirim terdiri dari sereal, daging dan ikan kaleng, makanan manis, roti, serta botol air minum.

Konvoi bantuan kemanusiaan itu dikirim oleh militer Rusia pada 3 Maret 2022, dan diberikan kepada perempuan, anak-anak, dan lansia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Vladimir Putin Sebut Sanksi seperti Deklarasi Perang

Presiden Rusia Vladimir Putin menggambarkan sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat atas invasinya ke Ukraina sebagai "mirip dengan deklarasi perang".

"Tapi syukurnya, belum sampai seperti itu," tambahnya sebagaimana diwartakan BBC (6/3).

Putin juga memperingatkan bahwa setiap upaya untuk memberlakukan zona larangan terbang di atas Ukraina akan dilihat sebagai partisipasi dalam konflik bersenjata.

Dan dia menolak saran bahwa dia akan memperkenalkan keadaan darurat atau darurat militer di Rusia.

Putin membuat pernyataan itu saat berbicara dengan sekelompok pramugari wanita di pusat pelatihan Aeroflot dekat Moskow.

Sejak dimulainya invasi Rusia 10 hari yang lalu, Barat telah memberlakukan serangkaian sanksi terhadap Rusia, termasuk pembekuan aset asing Putin dan pengecualian sejumlah bank Rusia dari sistem pembayaran internasional Swift.

Selain itu, banyak perusahaan multinasional telah berhenti beroperasi di Rusia, Sabtu (11/12), Zara, PayPal dan Samsung menjadi merek global terbaru yang menangguhkan perdagangan di sana.

Langkah-langkah ekonomi telah menyebabkan nilai rubel jatuh dan memaksa bank sentral Rusia untuk menggandakan suku bunga.

Dalam komentar terbarunya, Putin berusaha membenarkan perang di Ukraina, mengulangi pernyataannya bahwa ia berusaha membela komunitas berbahasa Rusia di sana melalui "demiliterisasi dan de-Nazifikasi" negara itu.

Menanggapi tuduhan analis pertahanan Barat bahwa kampanye militer Rusia berjalan kurang baik dari yang diharapkan, dia berkata: "Tentara kami akan memenuhi semua tugas. Saya tidak meragukan itu sama sekali. Semuanya akan direncanakan."

Dia menambahkan bahwa hanya tentara profesional yang mengambil bagian dalam permusuhan dan tidak ada wajib militer yang terlibat, meskipun ada laporan sebaliknya.

3 dari 3 halaman

Infografis Invasi Rusia: