Sukses

Kabur dari Dekat Kota Kiev, 3 Warga Ukraina Tewas Ditembak Tentara Rusia

Warga Ukraina yang berniat melarikan diri terjebak dalam aksi penembakan.

Liputan6.com, Kiev - Warga Ukraina yang melarikan diri dari kota Irpin di luar Kiev terperangkap dalam penembakan oleh pasukan Rusia pada Minggu 6 Maret waktu setempat. Tiga orang dilaporkan tewas.

Irpin, sekitar 25 km barat laut ibu kota, telah mengalami pertempuran sengit dalam beberapa hari terakhir. Militer Rusia mendekati Kiev, yang merupakan rumah bagi sekitar 3,4 juta orang sebelum invasi memicu eksodus warga sipil, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (7/3/2022).

Warga Irpin berlarian di sepanjang trotoar sambil menyelamatkan anak-anak, koper, dan hewan peliharaan saat mereka berjalan ke bus dan mobil yang menunggu yang akan membawa mereka lebih jauh dari peperangan.

Tentara dan sesama warga membantu pria dan wanita lanjut usia yang tertinggal. Beberapa orang berjongkok ketika ledakan meledak di dekatnya, tampaknya dari mortir.

Wartawan tidak menyaksikan korban dalam penembakan itu, tetapi beberapa outlet berita mengatakan bahwa setidaknya tiga warga Ukraina tewas - seorang wanita dan dua anak-anak.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Melarikan Diri

The New York Times menerbitkan sebuah foto yang dikatakan sebagai empat anggota keluarga - seorang wanita, seorang pria dan dua anak - tergeletak di tanah di Irpin.

Judulnya mengatakan mereka berusaha melarikan diri ketika mortir menghantam, dan bahwa sang ayah, yang dirawat oleh tentara Ukraina dalam gambar, adalah satu-satunya yang masih memiliki denyut nadi.

Reuters tidak dapat memverifikasi secara independen apa yang terjadi.

Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya akan melanjutkan evakuasi warga sipil dari Irpin setelah penembakan baru-baru ini di kota dan sekitarnya.

Layanan Darurat Negara juga mengatakan sedang mendirikan tenda untuk memberikan perawatan medis kepada semua orang yang membutuhkannya.

Invasi Rusia ke Ukraina telah mendorong lebih dari 1,5 juta orang mengungsi ke negara-negara tetangga dalam krisis pengungsi yang tumbuh paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia Kedua, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi mengatakan pada hari Minggu.

Jutaan orang lainnya telah mengungsi secara internal, mencoba untuk mendapatkan keamanan relatif dari Ukraina barat.

3 dari 3 halaman

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin: