Sukses

AS: Korut Tembakkan Sistem Rudal Antarbenua

AS mengatakan Korea Utara (Korut) baru-baru ini menguji bagian dari intercontinental ballistic missile (ICBM) system atau sistem rudal balistik antarbenua (ICBM) baru.

Liputan6.com, Washingto D.C - AS mengatakan Korea Utara (Korut) baru-baru ini menguji bagian dari intercontinental ballistic missile (ICBM) system atau sistem rudal balistik antarbenua (ICBM) baru, dalam apa yang disebut sebagai "eskalasi serius".

Seorang pejabat senior AS menggambarkan tes itu sebagai "eskalasi serius", menambahkan bahwa AS akan menjatuhkan sanksi lebih lanjut terhadap Korea Utara pada Jumat (11/3/2022), seperti dikutip dari BBC.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan langkah-langkah terbaru ini akan mencegah Pyongyang mengakses "barang dan teknologi asing" untuk lebih mengembangkan program misilnya.

Sementara itu, Pyongyang mengatakan peluncuran pada 26 Februari dan 4 Maret difokuskan pada pengembangan satelit pengintai.

Tetapi Pentagon sekarang mengatakan tes itu adalah peluncuran eksperimental, sebelum kemungkinan peluncuran ICBM jarak penuh.

Dengan jangkauan minimum 5.500 km (3.417 mil), ICBM dapat mencapai AS. Mereka dirancang untuk pengiriman senjata nuklir.

 

Korut sudah berada di bawah sanksi internasional yang menggigit atas program rudal dan senjata nuklirnya.

Pyongyang belum melakukan uji coba ICBM atau nuklir sejak 2017, meskipun pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terkadang mengisyaratkan dia mungkin melakukannya.

Korea Utara memberlakukan moratorium uji coba rudal balistik jarak jauh dan uji coba nuklir setelah pembicaraan dengan Presiden AS Donald Trump saat itu. Namun pada tahun 2020, Kim mengumumkan bahwa dia tidak lagi terikat dengan janji ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Dikecam AS, Korsel dan Jepang

Sebelumnya pada Kamis 10 Maret, juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan dua tes rudal Korea Utara "melibatkan sistem rudal balistik antarbenua baru".

"Tidak ada peluncuran yang menunjukkan jangkauan atau kemampuan ICBM, tetapi tes dilakukan untuk mengevaluasi sistem baru ini sebelum melakukan tes pada jarak penuh di masa depan, yang berpotensi menyamar sebagai peluncuran luar angkasa," kata Kirby.

"Amerika Serikat mengutuk keras peluncuran ini, yang merupakan pelanggaran berani terhadap beberapa resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang tidak perlu meningkatkan ketegangan dan berisiko mengacaukan situasi keamanan di kawasan itu."

Baik Korea Selatan dan Jepang telah mengkonfirmasi pernyataan AS dan mengutuk Pyongyang.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Jumat, kementerian pertahanan Korea Selatan menghubungkan dua peluncuran baru-baru ini dengan "sistem ICBM yang baru berkembang" yang sebelumnya telah diungkapkan oleh partai yang berkuasa di Korea Utara selama parade militer pada Oktober 2021.

Seoul juga "sangat mengutuk" tes tersebut, sedangkan Jepang menyebutnya sebagai "ancaman terhadap perdamaian dan keamanan... yang tidak akan pernah bisa ditoleransi."

 

3 dari 3 halaman

Infografis Uji Rudal Terbaru Korea Utara