Sukses

Rangkuman Kabar Terkini Invasi Rusia ke Ukraina Hari ke-20

Untuk Anda yang tertinggal kabar terkini dari Rusia Ukraina, berikut ini rangkuman peristiwa penting sebelumnya, dari hari ke-20 perang Rusia Ukraina pada Selasa 15 Maret 2022.

Liputan6.com, Jakarta Rabu (16/3/2022) merupakan hari ke-21 invasi Rusia ke Ukraina. Sejumlah perkembangan telah terjadi dalam operasi militer Negeri Beruang Merah itu, kendati demikian belum ada pertanda bahwa perang akan berakhir.

Untuk Anda yang tertinggal kabar terkini dari Rusia Ukraina, berikut ini rangkuman peristiwa penting sebelumnya, dari hari ke-20 perang Rusia Ukraina pada Selasa 15 Maret, dikutip dari Aljazeera:

  • Pertempuran Berlanjut

Pasukan Rusia terus menggempur kota-kota di seluruh Ukraina. Dua ledakan kuat telah mengguncang ibu kota, Kiev, sementara sirene serangan udara terdengar di beberapa kota, termasuk Odesa, Chernihiv, Cherkasy dan Smila.

Di Kiev, wali kota kota Vitali Klitschko memperingatkan "saat yang sulit dan berbahaya" bagi ibu kota dan mengumumkan jam malam selama 35 jam.

  • Pembangkit Listrik Chernobyl Pulih

Listrik telah dipulihkan ke pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, menurut sebuah laporan oleh stasiun televisi Ukraina 24.

  • Diplomasi

- Putaran baru pembicaraan antara Ukraina dan Rusia diadakan setelah diskusi pada Senin 14 Maret terhenti tanpa terobosan. Ukraina mengatakan menginginkan "perdamaian, gencatan senjata segera dan penarikan pasukan Rusia".

- Para pemimpin Polandia, Republik Ceko dan Slovenia melakukan perjalanan ke Kiev dalam misi Uni Eropa untuk menunjukkan dukungan bagi Ukraina.

- Kremlin membantah laporan yang mengutip pejabat AS bahwa Rusia meminta peralatan militer China setelah menginvasi Ukraina. Beijing menyebut laporan itu sebagai "disinformasi".

  • Waspada Makanan

Sekjen PBB Antonio Guterres mendesak tindakan global untuk mencegah "badai kelaparan dan kehancuran sistem pangan global", memperingatkan bahwa negara-negara yang kurang kaya akan sangat menderita.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Evakuasi hingga Pidato di Kongres AS

  • Evakuasi

- Pejabat Ukraina mengatakan lebih dari 4.000 orang telah dievakuasi dari kota-kota garis depan.

- Sekitar 3 juta orang telah meninggalkan Ukraina, hampir setengah dari mereka adalah anak-anak, menurut badan pengungsi PBB.

- Sekitar 1,8 juta sekarang berada di Polandia dan sekitar 300.000 di Eropa Barat.

  • Lebih Banyak Sanksi

Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) telah menyetujui paket sanksi keempat terhadap Rusia. Para diplomat mengatakan tindakan hukuman akan menargetkan baja dan besi Rusia dan termasuk larangan ekspor barang-barang mewah dan larangan investasi di sektor energi.

  • Pemimpin Ukraina Akan Berpidato di Kongres

Zelenskyy akan berpidato di depan Kongres AS melalui tautan video pada hari Rabu, pemimpin DPR dan Senat Nancy Pelosi dan Chuck Schumer mengumumkan. Kongres pekan lalu menyetujui hampir 14 miliar dolar bantuan untuk Ukraina.

3 dari 3 halaman

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.