Sukses

Malam Jadi Lokasi Berlindung, Sistem Kereta Bawah Tanah Ukraina Ternyata Masih Beroperasi

Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022, stasiun-stasiun itu juga berfungsi sebagai tempat penampungan darurat bagi sekitar 15.000 penduduk Kiev.

Liputan6.com, Kiev - Saat kondisi masih aman dan damai, lebih dari 1 juta orang setiap hari naik kereta Metro Kiev.

Jaringan tiga jalur, yang merupakan sistem kereta bawah tanah terbesar ketiga di bekas Uni Soviet, menawarkan stasiun bawah tanah yang dihiasi dengan dekorasi marmer, mosaik, lampu gantung, dan langit-langit berbentuk berkubah.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022, stasiun-stasiun itu juga berfungsi sebagai tempat penampungan darurat bagi sekitar 15.000 penduduk Kiev.

Banyak yang tidur di peron dan di lorong-lorong setelah layanan kereta berakhir.

Tujuannya yaitu memberikan perlindungan kepada orang-orang begitu jam malam dimulai pada pukul 7 malam, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (16/3/2022).

Sistem 52 stasiun di Kiev, yang dibuka pada tahun 1960, dirancang untuk menghadapi situasi seperti yang sekarang di ibu kota Ukraina.

Dibangun pada puncak Perang Dingin, sebagian besar stasiun Metro Kiev berfungsi ganda sebagai tempat perlindungan dari bom.

Stasiun Arsenalna, dicapai melalui eskalator yang memakan waktu lima menit, dibangun pada kedalaman hingga 105 meter - platform kereta bawah tanah ini adalah yang terdalam di dunia.

Sistem secara keseluruhan dilengkapi untuk menampung hingga 100.000 orang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesiapan Stasiun Bawah Tanah Rusia

Kesiapan jaringan pertahanan sipil berlanjut setelah kemerdekaan Ukraina pada tahun 1991. Akibatnya stasiun-stasiun tersebut memiliki infrastruktur penting, dengan fasilitas kamar mandi umum yang cukup dan air untuk minum.

"Selama bertahun-tahun, pekerja metro telah melakukan segala hal yang diperlukan untuk mempertahankan fungsi ini," kata Natalia Makohon, wakil direktur Metro Kiev.

"Ada layanan khusus yang memeriksa kondisi teknis peralatan. Ada orang khusus yang bertanggung jawab untuk perlindungan sipil. Jadi ketika perang dimulai, kami sudah siap."

Pandemi COVID-19 mungkin telah meningkatkan kemampuan jaringan untuk menangani krisis.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, Metro Kyiv tidak mengangkut penumpang," kata Makohon.

"Staf hanya terlibat dalam layanan dan persiapan stasiun. Itu adalah saat yang tepat untuk membentuk kembali pekerjaan kami."

"Fungsi tempat berlindung itu seperti tombol penyelamat di ponsel Anda yang tidak pernah Anda gunakan, tetapi membuat Anda merasa lebih aman," katanya.

Serangan Rusia di Kiev menciptakan kesulitan tambahan untuk mengoperasikan layanan transit di siang hari dan tempat penampungan massal di malam hari.

3 dari 4 halaman

Kereta Masih Beroperasi

Hebatnya, kereta bawah tanah itu sendiri masih beroperasi, meskipun layanannya terbatas: Kereta api warna biru-kuning beroperasi satu jam sekali hingga jam malam pukul 7 malam.

Beberapa stasiun pusat kini ditutup. Stasiun dan bentangan jalur dapat ditutup dan dibuka dalam waktu singkat tergantung pada situasi di atas tanah.

Itu telah membuat perlindungan orang menjadi fungsi utama Metro Kiev. Penduduk di stasiun-stasiun tersebut, kata Makohon, beragam dari segi usia, jenis kelamin, dan kebutuhan.

Beberapa masih bekerja atau menjadi sukarelawan di siang hari dan tinggal di kereta bawah tanah semalaman karena mereka merasa lebih aman di sana daripada di tempat penampungan yang lebih dekat dengan rumah mereka.

Orang yang lebih tua lebih cenderung untuk tetap bekerja penuh waktu, karena mereka merasa lebih sulit untuk bergerak.

4 dari 4 halaman

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.