Sukses

Pemerintah Shanghai Atasi Masalah Kekurangan Makanan selama Lockdown

Pemerintah Shanghai membantu masyarakat yang mengalami masalah kekurangan makanan selama lockdown.

Liputan6.com, Shanghai - Shanghai pada Kamis (7 April) mengatakan pihaknya mencoba yang terbaik untuk meningkatkan distribusi makanan dan barang-barang penting kepada penduduk yang mengalami lockdown.

Hal ini merupakan tanggapan atas ketidakpuasan yang meningkat atas kesulitan seperti pembatasan COVID-19 yang meluas ke hari ke-11.

Pusat keuangan China sebagian besar terdiam setelah kota itu memberlakukan pembatasan pergerakan yang keras untuk membendung penyebaran COVID-19, dengan hanya petugas kesehatan, sukarelawan, petugas pengiriman atau orang-orang dengan izin khusus yang diizinkan di jalanan.

Pihak berwenang mengatakan mereka telah mengurangi jumlah kurir, yang harus menjaga pasokan 26 juta penduduk kota, menjadi hanya 11.000. Di antara layanan yang masih beroperasi, termasuk Meituan serta platform grosir online Freshippo Alibaba dan layanan Ele.me-nya.

Shanghai memiliki cadangan bahan pokok yang cukup seperti beras dan daging, tetapi masalah telah muncul dalam distribusi dan pengiriman jarak jauh karena langkah-langkah pengendalian epidemi, kata wakil walikota Shanghai Chen Tong pada konferensi pers pada hari Kamis.

Dia mengatakan kota itu akan mencoba membuka kembali beberapa pasar grosir dan toko makanan dan mengizinkan lebih banyak personel pengiriman keluar dari area yang terkunci. Pejabat juga akan menindak harga yang meroket, tambahnya.

"Menanggapi berbagai masalah yang dilaporkan masyarakat, kami telah mengadakan pertemuan semalam untuk mencoba mencari solusi," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Khawatir Pasokan Makanan

Banyak warga yang mulai khawatir soal makanan dan air minum, serta mendapatkan produk seperti susu formula.

Beberapa orang mengeluh di media sosial tentang bangun saat fajar untuk mendapatkan kesempatan memesan pengiriman bahan makanan, tetapi ternyata terjual habis dalam hitungan detik. Yang lain telah beralih ke grup WeChat komunitas untuk mencoba membeli buah dan sayuran dalam jumlah besar.

Shanghai, yang telah melakukan beberapa putaran pengujian, melaporkan hampir 20.000 kasus baru yang ditularkan secara lokal pada hari Rabu, 98 persen di antaranya dikatakan tidak menunjukkan gejala.

Namun, ada tanda-tanda bahwa penularan masih terjadi meskipun penguncian dilakukan. 

Dari 19.660 infeksi tanpa gejala, 633 melibatkan orang yang tidak dikarantina atau yang menghadapi tindakan pengendalian.

3 dari 4 halaman

Layanan Pengiriman Bakal Dihentikan?

Shanghai membantah desas-desus pada hari Rabu bahwa pihaknya berencana untuk menangguhkan semua layanan pengiriman di tengah kekhawatiran bahwa virus itu menyebar melalui pekerja tersebut. Itu mengharuskan mereka untuk mengambil tes PCR dan antigen setiap hari, dan mereka hanya dapat mengirimkan barang jika tesnya negatif.

Kota terpadat di China belum memberikan indikasi kapan tindakan penguncian akan dicabut, memicu ketidakpastian dan mendorong bisnis dan ekonom Eropa untuk memperingatkan tentang meningkatnya jumlah korban pada ekonomi dan daya tariknya sebagai pusat keuangan internasional.

Meskipun jumlah kasus Shanghai tetap kecil menurut standar global, kota itu telah muncul sebagai tempat uji coba untuk strategi anti COVID-19 "pembersihan dinamis" China, yang berupaya menguji, melacak, dan mengkarantina secara terpusat semua kasus positif dan kontak dekat mereka.

4 dari 4 halaman

Pengujian Terus Dilakukan

Pada hari Kamis, pejabat kota Shanghai mengatakan mereka akan terus melakukan lebih banyak pengujian di antara penduduknya yang akan diminta untuk melakukan PCR atau tes antigen yang dilakukan sendiri.

Shanghai telah mengubah puluhan bangunan menjadi fasilitas karantina yang dapat menampung puluhan ribu kasus positif. 

Pada Rabu malam, China News Service mengatakan provinsi tetangga Jiangsu dan Zhejiang juga akan menyediakan 60.000 kamar lagi yang dapat dikarantina oleh pasien dari Shanghai.