Sukses

Insiden Penembakan di Tel Aviv Israel, 2 Orang Tewas dan Lainnya Terluka

Penembakan yang terjadi di Tel Aviv Israel menewaskan dua orang.

Liputan6.com, Tel Aviv - Dua orang telah tewas oleh setidaknya satu pria bersenjata di pusat Tel Aviv, Israel, dalam serangan serupa keempat dalam waktu dua minggu.

Dilansir BBC, Jumat (8/4/2022), penembakan terjadi di Dizengoff Street, salah satu jalan tersibuk, yang terkenal dengan bar dan restorannya.

Pasukan keamanan sedang memburu setidaknya satu pria bersenjata dan polisi telah mengatakan kepada orang-orang untuk tinggal di dalam rumah.

Ini mengikuti serangkaian serangan oleh orang-orang Arab Israel dan seorang Palestina yang menewaskan 11 orang.

Delapan orang terluka dalam penembakan Kamis malam, empat di antaranya kritis, menurut laporan pihak rumah sakit Ichilov Tel Aviv.

Menurut Times of Israel, serangan itu dimulai ketika setidaknya satu pria bersenjata melepaskan tembakan ke bar Ilka di Dizengoff.

"Kami terjun ke bawah meja dan orang-orang mulai menangis, itu mengerikan," kata Evelyn Gertz (34) yang sedang makan di sebelah, kepada situs berita.

Video dari Jalan Dizengoff menunjukkan orang-orang melarikan diri saat kendaraan darurat masuk ke daerah itu, sirene pun berbunyi. 

Rekaman CCTV dari bar luar menunjukkan orang-orang minum kemudian tiba-tiba berlari pergi pada saat serangan, membalikkan kursi dan berupaya melarikan diri.

Ketika pasukan keamanan menjelajahi daerah itu, polisi mengimbau orang-orang untuk tidak keluar.

"Jangan tinggalkan rumah Anda. Jangan menjulurkan kepala ke luar jendela. Jauhi balkon Anda," kata juru bicara polisi Eli Levy di televisi Channel 13.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett dilaporkan sedang diberi pengarahan di markas militer di Tel Aviv, sekitar 1 km (0,6 mil) dari Jalan Dizengoff.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Polisi Waspada

Pasukan keamanan Israel sudah dalam keadaan siaga tinggi setelah serentetan serangan mematikan dalam beberapa hari terakhir. 

Pada akhir bulan lalu, lima orang ditembak mati oleh seorang pria bersenjata Palestina di pinggiran kota Yahudi ultra-Ortodoks Tel Aviv. 

Beberapa hari sebelumnya, enam orang tewas dalam dua serangan oleh tiga orang Arab Israel di kota utara Hadera dan kota selatan Beersheba. Semua pelaku ditembak mati.

Ini menandai periode serangan paling mematikan di Israel sejak 2006, dengan kekhawatiran insiden lebih lanjut menjelang festival Muslim Ramadhan, festival Yahudi Paskah dan festival Kristen Paskah yang bertepatan dalam pertemuan langka minggu depan. 

3 dari 4 halaman

Serangan Sebelumnya

Sebelumnya, lima orang telah ditembak mati oleh seorang pria bersenjata Palestina di pinggiran kota Israel Tel Aviv, dalam serangan mematikan ketiga dari jenisnya dalam seminggu.

Itu terjadi pada Selasa (5/4) malam di Bnei Brak, salah satu daerah ultra-Ortodoks Yahudi terpadat di negara itu.

Pria bersenjata itu ditembak mati oleh polisi, kata seorang paramedis di tempat kejadian.Pasukan keamanan Israel dalam siaga tinggi setelah serangan oleh orang Arab Israel Selasa dan Minggu lalu, yang menewaskan enam orang.

Rekaman dari tempat kejadian di Bnei Brak menunjukkan penyerang berpakaian hitam menembakkan senapan serbu M16 di jalan-jalan perumahan.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan negara itu "saat ini menghadapi gelombang baru terorisme".

Media Israel melaporkan bahwa dia pertama kali menembak mati dua pria Ukraina yang sedang duduk di luar toko kelontong. 

Dia juga menembaki sebuah mobil yang lewat, menewaskan seorang pria yang mengendarainya.Dia kemudian menembak mati orang keempat sebelum dihadang oleh dua petugas polisi. 

Salah satu petugas terluka parah selama baku tembak, sedangkan yang kedua menembak dan membunuh penyerang.

Paramedis layanan ambulans Magen David Adom Menachem Englander mengatakan dia berhadapan langsung dengan pria bersenjata itu, tetapi selamat karena senapannya macet.

4 dari 4 halaman

Korban Serangan

Dua dari korban diidentifikasi sebagai penduduk Israel di Bnei Brak - Rabi Avishai Yehezkel, ayah satu anak berusia 29 tahun, dan Yaakov Shalom, ayah lima anak berusia 36 tahun. 

Saudara laki-laki Rabi Yehezkel mengatakan kepada radio Kol Chai bahwa dia ditembak saat sedang berjalan-jalan dan bahwa dia "membela bayinya dengan tubuhnya sendiri".

Polisi mengatakan petugas yang tewas adalah Amir Khoury, seorang Arab Israel berusia 32 tahun dari Nazareth. Komisaris Polisi Kobi Shabtai mengatakan kepada keluarganya bahwa dia adalah pahlawan yang "menyelamatkan nyawa banyak warga sipil".

Kedutaan Ukraina mengkonfirmasi bahwa dua warga negara Ukraina tewas dalam apa yang disebutnya "serangan teroris keji di Bnei Brak". Itu tidak memberikan nama mereka, tetapi mereka dilaporkan berusia 20-an dan 30-an. 

Seorang sumber diplomatik Ukraina mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa mereka telah bekerja di Israel selama beberapa tahun. Penyerang bernama Diaa Hamarsheh, seorang warga Palestina berusia 27 tahun dari desa Yabad, di utara Tepi Barat yang diduduki. 

Dia sebelumnya bekerja di Bnei Brak dan dipenjara di Israel karena pelanggaran terkait keamanan.