Sukses

7 Fakta Ditemukannya Eril Anak Ridwan Kamil

Jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), telah berhasil ditemukan di Swiss.

Liputan6.com, Bern - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mendapatkan kabar bahwa jenazah dari putranya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), telah ditemukan di Sungai Aare, kota Bern, Swiss. 

Pemuda itu hanyut di Sungai Aare ketika sedang berenang pada Kamis, 26 Mei 2022. Kabar Eril ditemukan disambut dengan rasa syukur oleh Gubernur Ridwan Kamil. Hal ini turut memberinya rasa ketenangan setelah ikut mencari dan menantikan kabar terkait putranya.

"Alhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan," tulis Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui Instagram, Kamis malam (9/6).

Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih atas KBRI Bern, serta kepolisian dan pemerintah setempat atas kerja keras dalam pencarian Eril yang berlangsung selama berhari-hari.

"Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Pengabul doa kami," tulis Ridwan Kamil.

Pihak berwenang di Bern diketahui melakukan pencarian di darat, laut, dan udara. Drone dan anjing pelacak ikut dikerahkan. 

Sebelumnya, pihak keluarga Ridwan Kamil telah menyatakan bahwa Eril meninggal dunia karena insiden di Sungai Aare. Shalat jenazah juga sudah dilakukan di tepi Sungai Aare, serta di Jawa Barat. 

Istri dari Gubernur Ridwan Kamil, Atalia Pratatya, juga berkata anaknya telah ditemukan dalam keadaan utuh setelah 14 hari menghilang. 

"Ditemukannya a Eril dalam keadaan utuh, lengkap, bersih, tampan, tersenyum dan wangi setelah 14 hari menghilang, membuat saya yakin seyakin yakinnya bahwa Allah menjaga dan memuliakannya," tulis Ataliya. "Hilanglah kini segala khawatir dan gundah yang selama ini kami rasakan."

Berikut fakta-fakta terkait penemuan jenazah Eril di Sungai Aare, kota Bern.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

1. Awal Ditemukan

Jasad dari Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyampaikan, awalnya pihak KBRI dan keluarga Ridwan Kamil menerima informasi dari kepolisian Swiss pada Rabu, 8 Juni 2022 bahwa ada temuan jasad yang diduga Eril sekitar pukul 06.50 waktu Swiss atau 11.50 WIB.

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan. Itu betul ananda Eril," tutur Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Kemudian pada Kamis siang ini waktu Swiss, lanjut dia, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi tes DNA, bahwa jasad yang ditemukan adalah Eril.

Hal itu pun turut disampaikan secara resmi oleh kepolisian Swiss lewat pemberitaan resmi.

"Selanjutnya sesuai prosedur hukum kepolisian Swiss, kepolisian menyiapkan berkas ke Pengadilan Bern untuk serah terima kepada keluarga," jelas dia.

Kemudian sekitar dua jam sebelum konferensi pers yang dilakukan pada 19.30 WIB, pihak Pengadilan Swiss telah memberikan kewenangan kepada keluarga Ridwan Kamil yang ada di Bern untuk menerima jasad Eril.

"KBRI Bern memastikan penghormatan hak-hak ananda Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam," kata Muliaman.

3 dari 8 halaman

2. Ditemukan Polisi Penjaga Pintu Air di Bendungan Engehalde

Polri memastikan jasad Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril telah ditemukan Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Jasad anak bungsu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini ditemukan pada Rabu (8/6) sekira pukul 06.50 waktu setempat.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde oleh pihak kepolisian Swiss penjaga pintu air bendungan tersebut.

"Ya betul, dari hasil komunikasi dengan Kepolisian setempat bahwa jenazah Eril ditemukan oleh kepolisian penjaga pintu air," kata Dedi saat dihubungi, Kamis (9/6/2022).

Selanjutnya, jenazah Eril akan diserahkan kepada pihak keluarga Ridwan Kamil oleh kepolisian setempat.

 

Diketahui, Polisi memastikan jasad Emmeril Kahn Mumtadz ditemukan Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Hal itu disampaikan oleh kepolisian setempat, Rabu (8/6).

"Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sekitar pukul 06:50, polisi wilayah Bern mendapat informasi telah menemukan seorang pria tak bernyawa di Bendungan Engehalde di Bern," tulis Kantor Kejaksaan Negeri Bern-Mittelland.

4 dari 8 halaman

3. Repatriasi Jasad Eril ke Indonesia

KBRI Bern di Swiss menyatakan bahwa jenazah Eril atau Emmeril Khan Mumtadz akan segera dipulangkan ke Tanah Air.

"Untuk selanjutnya KBRI Bern akan mendampingi pihak keluarga untuk proses pengurusan repatriasi. KBRI juga akan mengawali repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia," ujar Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (9/6) malam waktu Indonesia.

"Kami memohon doa dan dukungan teman-teman media sekalian. Agar seluruh proses kepulangan saudara Eril berjalan dengan lancar."

"Setiba di Jakarta nanti Direktoral Perlindungan WNI Kemlu RI akan memfasilitasi kedatangan rombongan di Bandara Soekarno-Hatta."

Anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikabarkan hilang ketika berenang di Sungai Aare yang berlokasi di Bern, Swiss. Sungai itu memang tempat wisata air yang cukup populer.

Insiden yang menimpa anak Ridwan Kamil pada 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss. Berdasarkan keterangan pihak keluarga, Emmeril Khan Mumtad (Eril) sedang di Swiss untuk mencari kampus S2. 

5 dari 8 halaman

4. Bendungan Berusia Satu Abad

Bendungan Engehalde tempat Eril anak Ridwan Kamil ditemukan oleh kepolisian Swiss pada 8 Juni 2022 berusia sekitar 113 tahun.

Dalam situs rowing.ch disebutkan bahwa bendungan yang dibangun saat Perang Dunia itu pertama kali berdiri pada tanggal 1 November 1909.

Lokasi Bendungan Engehalde berada di jalan Stauwehrsteg, Wehrweg, 3014 Bern, Switzerland.

Polisi Swiss memastikan bahwa jenazah yang ditemukan di Bendungan Engehalde adalah anak Ridwan Kamil, yaitu Emmeril Khan Mumtadz.

Hal ini bisa dipastikan setelah dilakukan tes DNA oleh ahli forensik di Swiss. Duta Besar RI untuk Swiss menyampaikan informasi tersebut.

 

"Sesuai dengan prosedur yang berlaku, tim forensik segera melakukan identifikasi dan penyelusuran DNA untuk memastikan bahwa jenazah yang ditemukan tersebut adalah benar ananda Eril," ujar Dubes Muliaman Hadad dalam press briefing dari Bern, Kamis (9/6/2022) malam waktu Indonesia.

"Pada kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian Swiss menyampaikan konfirmasi hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah Emmeril Khan Mumtadz.'

6 dari 8 halaman

5. Atalia Praratya: DNA Sama dengan Saya

Pencarian Eril, anak Ridwan Kamil yang telah hilang sejak 26 Mei 2022 lalu mencapai titik terang. Polisi wilayah Bern, Swiss, melaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern.

Polisi khusus maritim dari polisi cantonal Bern menemukan mayat di bendungan tersebut, dan menyelamatkannya, seperti dikabarkan kepolisian setempat.

Dan dipastikan pria yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) atau Emmeril Kahn Mumtadz dipastikan sudah meninggal dunia.

Putra Gubernur Jawa Barat yang dinyatakan hilang di Aare, Bern, Swiss telah menjalani pemeriksaan forensik. Walau dalam kondisi tak bernyawa, namun sang ibunda, Atalia Praratya mengucap syukur, serta memastikan terkait pemeriksaan DNA. 

"DNA sdh dinyatakan sama dengan saya...," ujarnya.

7 dari 8 halaman

6. Keluarga Menanti di Indonesia

Gubernur Ridwan Kamil berharap agar anaknya sudah bisa dimakamkan pada Senin mendatang. Pihak keluarga berharap almarhum bisa segera tiba di Indonesa, meski sejauh ini belum bisa memastikan waktunya.

 

"Untuk waktu kami belum bisa memastikan kapan tiba di Indonesia. Tapi pada dasarnya kami akan lakukan secepat-cepatnya sejauh yang memungkinkan, tergantung situasi kondisi sumber daya yang mendukung," kata adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6).

Dia memastikan pihak keluarga siap menerima dan memakamkan jenazah Eril sebagaimana seusai syariat Islam.

"Selaku keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril selaku Muslim, diantaranya apabila dia wafat hendaknya dia diantarkan, disucikan, dikafani, disalatkan, dan diantarkan untuk dimakamkan sesuai syariat Islam sejauh yang dimungkinkan dengan tetap menjaga kehormatan sesuai kondisinya," ungka Elpi.

Dia pun berharap, bahwa jenazah Eril bisa tiba di Indonesia pada akhir pekan ini. Antara Sabtu 11 Juni 2022 atau Minggu 12 Juni 2022.

"Harapan kami bisa tiba di Indonesia setidak-tidaknya Sabtu atau hari Ahad," kata Elpi.

8 dari 8 halaman

7. Keluarga Akan Jemput Jenazah Eril di Bandara Soekarno-Hatta

Jenazah putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang sempat hilang terbawa arus Sungai Aare, Swiss, akhirnya ditemukan pada Rabu (8/6/2022) pagi waktu setempat. Pihak keluarga akan menyemayamkan jenazah Eril di Bandung, Jawa Barat.

Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, jenazah Eril akan tiba di Indonesia pada akhir pekan ini.

 "Tadi disebutkan mudah-mudahan di hari Sabtu atau hari Minggu almarhum sudah bisa di Jakarta kemudian akan dibawa ke Bandung," kata Wahyu dalam jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/6/2022).

Wahyu mengaku pihaknya akan menyiapkan proses penjemputan jenazah Eril di Bandara Soekarno-Hatta. Namun, ia tak merinci soal teknis penjemputan.

"Kemudian proses di sana kita akan lakukan penjemputan, namun secara detail nanti akan kami informasikan kemudian kami akan secara terus menerus berkomunikasi dengan pihak bandara dan dengan pihak Kementerian Luar Negeri," ujarnya.

Sementara, para public figure juga telah memberikan ucapan duka cita di Instagram milik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang diketahui sudah berangkat ke Swiss.

Â